Ciri-ciri psikopat

NO Info Penanya: NO
Dokter,apabila saya sedang kesal, putus asa, dan stress saya selalu ingin melukai seseorang dan ingin membunuh seseorang sesekali saya memecahkan barang, melempar barang. Emosi saya terus menerus timbul, perasaan saya pun selalu tidak enak, ketika saya di bentak seseorang saya langsung down tapi saat itu juga saya merasa kesal. Dan saya juga cepat sekali dendam sm seseorang, setelah saya membetak orang saya pasti nangis saya langsung kepikiran dan menghantui saya, apakah saya psikopat dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Psikopat adalah seseorang yang mudah memanipulatif dan mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Orang-orang tersebut belajar untuk meniru emosi orang lain seolah-olah mereka merasakannya. Mereka tidak bisa membedakan mana yang benar dan yang salah. Sehingga, kebanyakan psikopat tega melakukan tindakan kriminal tanpa perasaan bersalah dan penyesalan. 

Ciri-ciri orang yang psikopat adalah:

  • Menawan, senang bersosialisasi, peduli, dan ramah.
  • Secara lahiriah tampak logis, masuk akal, memiliki pemikiran yang matang.
  • Tidak akan menunjukan gejala-gejala seperti kecemasan, histeria, kegelisahan, perubahan mood, sakit kepala.
  • Tidak memiliki rasa takut dan cemas. 
  • Mampu menilai diri sendiri dan terbuka  untuk dikoreksi kesalahan masa lalu.

Gejala yang Anda alami ini belum tentu merupakan gejala psikopat. Bisa saja ini merupakan bentuk gangguan pada psikologis Anda. Bisa merupakan gangguan cemas, gangguan depresi, gangguan bipolar dan gangguan kesehatan jiwa yang lain. Untuk itu, mengatasi hal ini, Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis jiwa. Sehingga kondisi Anda ini dapat segera diatasi dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala anoreksia yang paling mudah dikenali adalah porsi makan yang sangat sedikit

Kenali Gejala Anoreksia, Si Penyakit Jiwa yang Mematikan

Gejala anoreksia bukan hanya kurus kering. Terdapat beragam indikasi yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari enggan makan, kepercayaan diri yang rendah, rasa takut gemuk yang ekstrem, dan banyak lagi.