24 Sep 2021, 19:45Psikologi

Rasa ingin mati

DM
Info Penanya: DM0
Halo dok saya ingin konsultasi saya baru berumur 13 thn,saya suka tiba"nangis tidak jelas suka sedih padahal tidak ada yang marahin saya atau gmn saya suka tiba"suka inget masalah lalu yang sudah lama tetapi masih ingat,dan satu lagi saya jarang bersosialisasi dengan lingkungan saya,saya tidak bersosialisasi karena mama saya agak ketat menjaga saya dan saya bersosialisasi dengan handphone sedangkan saya tidak punya teman+sahabat jika saya down saya berasa tidak punya siapa"klo ad mslh rasa ingin
75 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat pagi, DMenangis adalah respon tubuh terhadap kesedihan. Menangis adalah hal yang normal dan wajar, namun patut diwaspadai apabila, anda merasa sedih berkepanjangan lebih dari 2 minggu, dan sering menangis tiba-tiba. Mungkin anda memasuki gejala stres ataupun bisa jadi anda memasuki gejala depresi. Untuk itu kenali perbedaan keduanya.

Gejala stres :

Stres adalah respon tubuh terhadap ancaman atau masalah baik dari luar maupun dari dalam. Gejala dari stres seperti;
  • Sulit untuk fokus dan berkonsentrasi,
  • Merasa gelisah,
  • Insomnia, atau sulit tidur,
  • Menghindari orang terdekat,
  • Sakit kepala,
  • gangguan pencernaan,

Gejala depresi :

Depresi adalah gangguan pada suasana hati, yang ditandai dengan perasaan sedih yang berkepanjangan, merasa tidak berguna, bersalah, hingga merasa ingin bunuh diri, dan mecoba untuk menyakiti diri sendiri. Ada beberapa gejala dari depresi, seperti;
  • Merasa sedih berkepanjangan,
  • Merasa tidak berharga atau merasa bersalah,
  • Gangguan tidur, seperti sulit tidur atau tidur berlebih,
  • Gelisah,
  • kehilangan minat pada suatu bidang yang disukai,
  • Merasa selalu lelah, tidak memiliki energi,
  • Sensitif dan mudah tersinggung,
  • Sakit kepala,
  • Gangguan pada pencernaan,
  • Berat badan yang bertambah atau berkurang,
  • Mencoba untuk menyakiti diri sendiri, 
  • Mencoba untuk bunuh diri.
Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi stres dan gejala depresi, seperti;
  • Mencari dan menggemari hobi baru,
  • Membuat target dan memberi self reward bila target tersebut tercapai, seperti, saya akan membersihkan kamar, setelah selesai saya akan membeli burger untuk makan siang,
  • Berkomunikasi dengan orang terdekat, dengan menceritakan kesulitan yang anda hadapi, akan menurunkan beban yang anda rasa dan anda bisa mendapat bantuan dari orang terdekat setelah menceritakannya,
  • Liburan, liburan meningkatkan semangat dan mood,
  • Rutin berolahraga, akan meningkatkan hormon endorfin, hormon yang membuat senang,
  • Makan makanan yang meningkatkan mood, seperti coklat dan teh hijau,
  • Meningkatkan kwalitas tidur, dengan mengatur jam tidur, tidur diwaktu yang sama setiap hari.
Jangan ragu dan malu untuk berkonsultasi dengan psikolog, semakin cepat tertangani, semakin cepat anda kembali dalam aktifitas sehari-hari tanpa gangguan.Semoga membantu.Salam seahat,dr. Lizsa  
depresikesehatan mentalstres
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil