rasa cemas mendadak tidak percaya diri dan ingin melukai diri

SP Info Penanya: SP, Wanita, 2019 Tahun
Kenapa saya seribg merasa cemas mendadak tidak percaya diri dan ingin melukai diri tolong kasih solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SP

Adanya rasa cemas disertai kehilangan percaya diri dan ingin melukai diri sendiri sering terjadi pada mereka yang memiliki depresi. Kondisi ini membuat seseorang ingin menarik diri, kehilangan mood, tidak ada gairah dan merasa tidak ada harapan. Jika terdapat keingin melukai diri maka sudah masuk tahapan depresi mayor. 

Pencetus kondisi ini diantaranya trauma masa lalu dan riwayat mengalami kekerasan, masalah kemiskinan finansial, faktor lingkungan dengan stress tinggi atau memiliki riwayat gangguan mental psikotik sebelumnya termasuk dalam keluarga. 

Saya sarankan agar anda untuk mulai melakukan aktivitas fisiki seperti olahraga, membagi cerita masalah dan curahan hati dengan orang terdekat, menemukan hobi baru yang menarik. Anda juga harus menghindari tekanan dan beban kerja yang tinggi untuk sementara waktu.

Selain itu sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa (Sp.KJ/Psikiater). Biasanya dokter akan memberikan terapi mental kognitifi psikoterapi dan oabt anti depresi dan antiansietas yang berguna merubah mood, mengembalikan rasa percaya diri dan menghilangkan halusinasi anda. 

salam sehat dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu perbedaan psikolog dan psikiater adalah dalam cara menangani pasien

Sudah Tahu Perbedaan Psikolog dan Psikiater?

Gangguan psikologis perlu untuk segera ditangani karena berdampak pada kehidupan sehari-hari penderitanya. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi psikolog atau psikiater. Namun, perbedaan psikolog dan psikiater tidak hanya sekedar dari wewenang pemberian resep obat saja.