Rasa bersalah membuat takut berlebih, merasa gagal dan ingin menangis disertai gelisah

PA Info Penanya: PA, Wanita, 19 Tahun
Hallo dok , saya selalu menangis tiba-tiba , merasa bersalah setiap hari yang membuat saya merasa takut yang berlebihan , merasa gagal menjadi seorang anak.Perasaan saya sekarang campur aduk dok , antara rindu dan rasa bersalah yang besar terhadap seseorang yang sudah merawat saya . Saya sangat sensitif jika mendangar kata atau melihat seorang "NENEK " dok, bawaan nya nangis dan hati saya sangat sakit dok , dan setiap malam saya susah tidur , rasa di hati selalu gelisah dan selalu merasa sangat bersalah dok , dan akhir-akhir ini saya merasa sangat stres akan hal ini dok , saya harus bagaimana menghadapinya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

selamat pagi PAL

Rasa kesedihan sering terjadi pada seseorang yang telah kehilangan dan rindu pada orang lain yang sangat dekat. Namun jangan sampai membuat jadi depresi hingga mengganggu aktivitas dan kebiasaan sehari hari. Saat hal tersebut telah menimbulkan ketakutan, gelisah dan perubahan mood maka membawa pada tahap yang lebih berat yaitu depresi. Depresi dapat terjadi pada orang yang memiliki riwayat trauma kehilangan, kekerasan, pelecehan, masalah finansial dan kemiskinan atau memiliki riwayat dalam keluarga dengan gangguan mental.

Saya sarankan agar anda selalu mendoakan orang terdekat anda, berpikir positif harus melanjutkan kehidupan tidak ada guna memikirkan orang yang telah pergi, temukan orang terdekat lain dan menceritakan masalah anda. Jika anda tidak bisa menghilangkan seluruh keluhan anda, sebaiknya adan berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa Sp.KJ/Psikiater, mungkin dokter akan memberikan terapi mental kognitif psikoterapi buat anda dan obat obatan antidepresi antiansietas untuk memperbaiki mood dan menghilangkan kecemasan. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan kecemasan dapat memengaruhi perasaan dan perilaku

Mengenal 6 Jenis Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan istilah yang umum digunakan untuk beberapa penyebab rasa gugup, ketakutan, dan kekhawatiran. Terdapat 6 jenis gangguan kecemasan dan memiliki penyebab serta gejala yang berbeda.