11 Feb 2021, 16:12Penyakit Lainnya

Apakah hasil rapid test antibodi reaktif berarti terinfeksi corona ?

S
Info Penanya: S0
Dok... Saya hr senin tgl 8 february rapid tes serologi yg biasa...tanpa IgM dan IgG Dan hasilnya reaktif...tes nya di Sby krn di kota kami blom ada rapid tes serologi Jd senen selasa keluar kota trus krn ada keperluan Dua hr kemudian hr rabu tgl 10 february saya alami demam batuk pilek...hingga terpaksa istrht di rumah...hingga skrg tgl 11 february ini saya msh demam batuk pilek...saya berikan obat batuk pilek trus Apakah saya kena Covid 19 ? Apa yg hrs saya lakukan Dok... Mohon penjelasannya...
3860 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Saat melakukan pemeriksaan rapid tes serologi atau yang disebut dengan rapid test antibodi, dimana pemeriksaan yang Anda lakukan menunjukkan hasil yang reaktif, hal ini disebabkan oleh tubuh Anda terinfeksi virus corona ataupun infeksi virus lainnya karena rapid test antibodi tidak menunjukkan hasil yang sensitif terhadap virus corona saja.

Apakah hasil rapid test antibodi reaktif berarti terinfeksi corona ?

Rapid test antibodi reaktif memang dapat menujukkan bahwa Anda kemungkinan terinfeksi virus corona. Namun hal ini harus dibuktikan dan dipastikan kembali menggunakan pemeriksaan rapid test antigen atau swab PCR, terlebih Anda memiliki gejala demam serta batuk pilek.

Apa yang harus dilakukan saat hasil rapid test antibodi reaktif ?

Saat hasil rapid test antibodi reaktif, Anda sebaiknya melakukan isolasi mandiri dan tes swab antigen atau PCR. Anda juga harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat agar virus tidak menularkan orang lain. Tingatkan imun tubuh agar virus dapat dilawan dengan makan yang bergizi, olahraga setiap 15 menit hingga 30 menit minimal 4 kali seminggu, minum suplemen vitamin, jangan stress, lakukan kegiataan bermanfaat selama isolasi mandiri, atasi gejala yang ada termasuk batuk dan pilek.Jika Anda mengalami sesak nafas, dan sulit beraktifitas, segera ke fasilitas kesehatan terdekat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
pola hidup sehatcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil