21 Dec 2020, 16:40Pernapasan

Bagaimana hasil pemeriksaan rapid seseorang yang sembuh dari corona ?

SD
Info Penanya: SD0
Halo dok mau bertanya, seorang teman saya beberapa waktu lalu melakukan rapid test anti bodi dengan hasil reaktif karena pada igg nya muncul garis, setelah saya mencari informasi saya dapatkan bahwa igg merupakan anti bodi yang terbentuķ sebagai pertahanan imun seseorang akibat virus dimasa lampau dan seseorang yg reaktif igg ini artinya sudah sembuh. Namun igg ada ditibuh dlm jangkwa waktu yg cukup lama. Apabila ingin rapid anti gen sbg syarat melakukqn perjalanan apakah msh kemungkinan reaktif
3572 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo S,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Virus corona memberikan efek yang sangat besar terhadap kehidupan di dunia. Manusia seperti hidup dalam bayang-bayangan corona sudah setahun lebih lamanya. Dampak ekonomi dirasakan baik pada orang dengan ekonomi berkecukupan, terlebih pada masyarakat dengan ekonomi yanh rendah. Terjadi PHK di mana-mana, banyak perusahaan besar gulung tikar, para pengangguran meningkat secara drastis.

Bagaimana hasil pemeriksaan rapid seseorang yang sembuh dari corona ?

Pemeriksaan seseorang yang terinfeksi virus corona bukan hanya melalui alat, melainkan dengan wawancara atau anamnesa gejala pasien, riwayat kontak dan terpapar dengan pasien corona, hasil pemeriksaan laboratorium baik rapid test antigen, rapid test antibodi, swab test PCR, pemeriksaan rongten, CT scan, atau pemeriksaan darah. Pemeriksaan ini dapat dilakukan lengkap dan menyeluruh terutama bagi orang dengan gejala berat virus corona seperti sesak nafas dan penurunan kesadaran.Seseorang yang dinyatakan sembuh dari virus corona, atau pernah terpapar virus corona, dapat memberikan hasil rapid test antibodi terutama IgG yang selalu rekatif. Ini artinya, tubuh penderita telah membetuk sebuah perlawanan untuk virus corona. Pemeriksaan rapid test antibodi ini sudah banyak ditinggalkan, dan beralih ke pemeriksaan rapid test antigen dengan cara melihat bagian dari virus (antigen) di dalam lendir hidung serta tenggorok. Pemeriksaan ini lebih akurat terutama saat gejala muncul pada hari pertama hingga ke hari kelima. Jika teman Anda sudah dinyatakan sembuh atau tidak memiliki gejala corona lagi, hasil pemeriksaan rapid test antigen bisa memberikan hasil yang negatif karena jumlah virus yang terdeteksi di lendir hidung dan tenggorokan tidak sebanyak saat virus corona menginfeksi tubuh.Namun mesti hasil pemeriksaan rapid test antigen negatif, Anda dan teman wajib menjalankan protokol kesehatan yang ada, hindari untuk keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak, rajin cuci tangan dengan sabun, gunakan masker selalu dengan cara yang benar, dan tetap menjaga jarak.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
pola hidup sehatcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil