10 Mar 2021, 10:31Kulit & Kelamin

Rambut rontok apakah bisa tumbuh lagi?

HR
Info Penanya: HR0
Permisi dok, saya mengalami rambut rontok 100+ perhari disertai ketombe, stlh dicek kadar dht darah tinggi dan menyusutkan banyak folikel rambut bagian atas. Apakah bisa tumbuh lagi rambut saya yg rontok? Umur saya 23
140 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi HR,Rambut rontok adalah keluhan yang bisa disebabkan beragam kondisi, mulai dari masalah pikiran atau stres, kurang nutrisi, efek pengobatan tertentu, masalah hormonal ataupun masalah pada kulit kepala itu sendiri.Hormon DHT atau dihydrotestosterone adalah hormon yang mengatur pertumbuhan rambut dan juga ciri fisik lain pada pria seperti karakter suara dan juga massa otot. Jika kadarnya tinggi dapat membuat folikel rambut lebih lama untuk tumbuh dan juga membuat siklus pertumbuhan rambut menjadi lambat dan rambut lebih tipis dan mudah rontok.Untuk mengatasi rambut rontok tersebut perlu dilakukan beberapa upaya untuk menurunkan kadar hormon DHT seperti misalnya dengan cara:
  • Melalui terapi obat tertentu
  • Mengunakan suplemen vitamin seperti misalnya biotin atau vitamin H
  • Penggunaan serum rambut
  • Mengonsumsi lebih banyak asupan zat besi dan protein
Jika cara-cara tersebut tidak juga berhasil, maka langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan transplantasi rambut. Untuk itu, periksakan diri pada dokter spesialis kulit untuk mengatasi keluhan yang Anda rasakan saat ini. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
rambut rontokkesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil