26 Sep 2021, 09:15Kulit & Kelamin

Rambut rontok apakah karena covid?

AJ
Info Penanya: AJ0
Dok, sy wanita usia 41 thn, 2 bln lalu sy pernah terkena covid yg lumayan parah (berlangsung kurleb 1bln, oksigen sempat 78, sesak napas, meriang & sembuh pertengah juli) tapi rambut sy sekarang (sdh sekitar 3 mingguan) rontok parah bgt smp segumpalan gt dok. Tolong pencerahanny dok, itu beneran karna efek covid / sy ada penyakit lain, sy takut bgtttt dok & ada saran spy sy konsumsi / pakai apa gitu dok utk ngurangin rontokny, makasih dok sblumny ?
116 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Rambut rontok dapat terjadi pada pria maupun wanita dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor tersebut adalah
  • stres,
  • faktor keturunan,
  • pengaruh hormon haid, kehamilan, atau baru saja melahirkan.
  • kurangnya asupan nutrisi 
  • pengobatan kanker atau kemoterapi

Mengatasi penyebab rambut rontok

Penyakit covid, tidak dapat menyebabkan gangguan kerontokan rambut apalagi jika keluhan baru dirasakan setelah sudah sembuh. Namun adanya kekurangan nutrisi baik saat sedang sakit, sedang melakukan diet, atau makanan sehari-hari kurang bergizi dapat secara tidak langsung menyebabkan munculnya kerontokan rambut karena akar rambut tidak kuat. Rontok juga dapat terjadi karena batang rambut mudah patah yang bisa disebabkan oleh perawatan rambut yang tidak sesuai. Untuk mengatasi rambut rontok, perlakukan rambut dengan lebih baik misalnya hindari menyisir rambut saat masih basah, hindari sering memanaskan rambut dengan alat catok. Anda juga sebaiknya mengatur pola makan seimbang, hindari stres, dan lakukan olahraga agar peredaran darah ke kulit kepala menjadi lebih lancar. Jika keluhan tidak juga membaik, lakukan konsultasi kepada dokter spesialis kulit agar dokter dapat menyarankan perawatan rambut yang sesuai dengan Anda.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
rambut rontokkesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil