Rambut rontok karena stress, benarkah?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Pagi dokter. Akhir-akhir ini rambut saya rontok parah banget. Tapi saya merasa pola hidup dan gaya hidup saya normal-normal aja. Memang sih saya lagi stress sedikit karena kerjaan, apa ini efeknya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Setiap orang tentunya menginginkan rambut yang sehat, kuat, dan tidak rontok. Ciri-ciri rambut sehat adalah tidak kusam, tidak bercabang, tidak berminyak, dan tidak rontok. Tetapi, seringkali salah satu masalah di atas dialami dalam kehidupan sehari-hari, yang membuat seseorang menjadi khawatir akan kesehatan rambutnya.

Rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai hal, yaitu:

  • Kebiasaan mencatok atau mengikat rambut terlalu keras
  • Ketidakcocokan dalam menggunakan sampo atau produk perawatan rambut lainnya
  • Defisiensi beberapa zat gizi, misalnya protein, biotin, atau zat besi
  • Perubahan hormon tubuh, seperti pada saat menstruasi atau stres
  • Infeksi pada kulit kepala

Jadi, menjawab pertanyaan Anda, memang benar stres dapat memengaruhi kondisi rambut, ya. Oleh karena itu, disarankan agar Anda dapat mengelola tingkat stres Anda, misalnya dengan rutin melakukan meditasi atau yoga. Berbagi dengan orang yang dipercaya juga dapat menurunkan tingkat stres.

Selain itu, lakukan juga perawatan rambut dari dalam dan luar, seperti mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, hindari mencatok terlalu sering, dan gunakan sampo yang sesuai. Dengan demikian, kesehatan rambut akan senantiasa terjaga.

Jika stres sudah terkendali namun rambut tetap rontok, segera konsultasikan hal ini ke dokter spesialis kulit dan kelamin, ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kulit kepala dan rambut Anda, dan memberikan terapi yang tepat. Jika tidak ada masalah pada kulit, dokter akan merujuk kepada spesialisasi yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Secara medis, potong rambut saat hami adalah hal yang sah dilakukan. Kenapa banyak orang yang menganggapnya tabu?

Mitos Potong Rambut Saat Hamil, Sebenarnya Boleh atau Tidak?

Banyak sesepuh atau orangtua yang percaya bahwa potong rambut saat hamil adalah hal tabu dan tak boleh dilakukan. Sebenarnya, pemahaman ini mitos atau fakta? Agar Anda lebih yakin, mari pahami penjelasan medisnya, di sini!