Rambut-Rambut Halus di Sekitar Puting, Dada, dan Perut

A Info Penanya: A, Wanita, 18 Tahun
Dear dokter, saya merasa khawatir dengan keberadaan bulu tipis yang panjang di sekitar puting, dada, dan perut saya, tetapi saya memutuskan untuk tidak mencukurnya. Namun, tiba-tiba saja bulu-bulu tersebut semakin banyak dan pada akhirnya sayapun mencukurnya. Apakah apa yang saya alami berbahaya? Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu A,

Tumbuhnya rambut pada bagian tubuh seperti di dada, sekitar puting, perut, dan punggung adalah kondisi yang normal. Mulai pada saat pubertas, pria cenderung memiliki lebih banyak rambut daripada wanita. Pada pria rambut akan tumbuh di daerah wajah, perut, punggung dan dada. Rambut secara umum tidak tumbuh di telapak tangan, bibir, daerah-daerah tertentu pada struktur alat kelamin.

Sebenarnya bila hanya satu atau dua helai rambut, maka hal ini tidak perlu terlalu dirisaukan. Rambut itu dapat digunting sendiri tepat pada pangkal rambut atau dapat juga dicukur dengan hati-hati. Memang karena proses normal maka dalam waktu 2 minggu, rambut akan tumbuh kembali.

Janganlah terlalu khawatir, lakukan proses pengguntingan saja atau cukur rambut secara berkala bila dirasa pertumbuhan rambut sudah mengganggu. Pengguntingan dan cukur tidak akan selalu merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih banyak.

Sebaiknya rambut tidak dicabut karena dapat menyebabkan luka pada akar rambut yang terinfeksi bila ada kuman yang masuk, dan bisa berlanjut menjadi  bisul.

Tidak perlu sampai merasa rendah diri, karena pada umumnya hal ini juga dialami oleh banyak wanita. Sebaiknya lebih fokus kepada hal positif dalam menjalani hidup dengan berbahagia dan bersyukur atas kesehatan yang dimiliki.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minyak dari daun urang aring telah dipercaya bermanfaat untuk menyehatkan rambut

Meski Terkesan ‘Jadul’, Minyak Urang Aring Punya Banyak Manfaat Bagi Rambut

Bila mendengar minyak urang aring, Anda mungkin teringat nenek atau nenek buyut Anda sering menggunakan minyak ini demi menyuburkan rambut. Apa manfaat lainnya?