12 Oct 2020, 17:52Kandungan

Banyak rambut halus di tubuh, apakah ketidakseimbangan hormon?

HY
Info Penanya: HY, Wanita, 1 Tahun
selamat sore dok, sya umur 17 thn saya memiliki bnyk rambut halus di kaki, tangan, perut, dada, sekitar puting, punggung apakah itu normal dok? apa ada ketidak seimbangan hormon?
325 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, HY.Penyebab paling umum banyaknya rambut halus pada tubuh adalah PCOS (poly cystic ovary syndrome). Kondisi ini memang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon seperti yang Anda sebutkan, yaitu terlalu banyaknya hormon androgen pada tubuh. Hal ini menyebabkan timbulnya sekelompok tanda dan gejala pada tubuh wanita, yang salah satunya adalah rambut halus yang lebih banyak.Beberapa gejala PCOS lainnya adalah:
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Adanya gangguan pada kulit, seperti berminyak dan berjerawat
  • Kelebihan berat badan (overweight atau obesitas)
  • Infertilitas (sulit untuk hamil setelah menikah)
Untuk menegakkan diagnosis PCOS, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG atau laboratorium oleh dokter spesialis kandungan. Nantinya, hasil pemeriksaan akan dievaluasi untuk mengetahui apakah penyebab tumbuhnya rambut halus tersebut benar PCOS atau tidak.Apabila benar PCOS, maka disarankan agar Anda mengonsumsi makanan yang baik bagi penderita PCOS, seperti karbohidrat kompleks, sayur-mayur, buah, kacang, dan biji-bijian. Konsumsi juga anti inflammatory food seperti kunyit atau seledri, ya. Lalu, hindari junk food dan produk susu sebisa mungkin. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhormonpcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil