21 Nov 2021, 00:23Kandungan

Rahim turun, apa maksudnya?

YH
Info Penanya: YH0
Izin bertanya dokter,. Saya memasuki 1 tahun pernikahan, dan belum hamil. Saya pernah pijat rahim, karena katanya rahim saya turun dan rahim lemah. Yang saya tanyakan, apakah benar ada kondisi rahim seperti itu? Dan jika saya sudah pijat dengan tujuan membenarkan posisi rahim, ketika perjalanan dan terkena goncangan apakah rahim bisa turun kembali,?
44 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, YTerima kasih atas pertanyaan AndaRahim adalah salah satu bagian dari organ repropduksi wanita. Terkait dengan rahim turun (turun peranakan) banyak istilah yang mengartikan, namun salah satunya adalah prolaps uteri. Prolaps uteri adalah kondisi ketika rahim turun hingga menonjol pada vagina. Keadaan ini bisa disebabkan salah satunya karena kelemahan pada otot-otot di sekitar rahim yang mengalami kelemahan. Karena terjadi kelamahan otot-ototo pada sekitar rahim, maka tidak bsia menyangga rahim dengan baik, sehingga terjadi prolaps uteri.

Apakah pijat bisa memebenarkan posisi rahim?

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, melakukan pijatan tidak bisa membenarkan posisi rahim, sehingga da nya goncangan pada motor juga tidak bisa mempengaruhi posisi rahim Anda. Apabila yang Anda maksud adalah rahim berposisi retro atau menghadap kebelakang atau rahim terbalik (retrofleksi), maka kondisi ini tetap bisa memungkinkan untuk mendapatkan keturunan. Kondisi rahim retrofleksi ini terjadi pada kurang lebih sekitar 20% wanita. Seharunys kondisi rahim retrofleksi ini tidak berpengaruh langsung terhadap keseuburan wanita selama tidak ada kondisi medis lain yang menyertai.

Bagaimana agar bisa hamil jika rahim retrofleksi?

Jika Anda mengalami kondsii rahim retrofleksi alangkah baiknya melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui apakah ada atau tidak penyakit pernyerta yang bisa mempengaruhi kesuburan Anda. Jika sudah dipastikan tidak ada penyakit penyerta Anda bisa rutin berhubungan seksual dengan pasangan. Pastikan Anda mengetahui masa subru Anda dan lakukan hubungan seksual lebih sering ketika Anda sedang memasuki masa subur. Selain itu melakukan hubungan  seksual dengan posisi doggy style juga bisa membantu memperbesar peluang terjadinya kehamilan pada seseorang dengan rahim retrofleksi.Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait dengan rahim retrofleksi di bawah ini:Rahim retro apakah susah hamil?Bagaimana ciri posisi rahim terbalik?Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
penyakit rahimmasalah reproduksiorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil