12 Jan 2021, 21:36Kandungan

Apa yang menyebabkan haid hanya 1 kali dalam setahun ?

AM
Info Penanya: AM0
Permisi dok Saya Angela Usia saya 16 tahun, jadi gini dok Haid saya tidak teratur misalnya 1 tahun sekali 8 bulan sekali dan baru ini saya mengecek ke rumah sakit besar terdekat saya divonis memiliki Rahim kecil serta kempes dok Tolong dong dok jelasin maksud/penyebab dan akibat dari Rahim Kecil dan kempes yang saya Alami ini dokter,,,,,, Terima kasih. ??
249 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Gangguan haid bisa berupa haid yang tidak teratur, baik dari awal menstruasi terjadi atau siklus menstruasi menjadi tidak teratur dimana haid sebelumnya berjalan dengan normal dan lancar. Siklus haid yang tidak tertaur bisa memanjang atau memendek lebih dari siklus menstruasi normal. Ini dapat terjadi pada wanita awal pubertas, wanita usia produksi dan seksual yang aktif, wanita menggunakan alat kontrasepsi, atau wanita menjelang menopause.

Apa yang menyebabkan haid hanya 1 kali dalam setahun ?

Banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita hanya mengalami haid hanya 1 kali dalam setahun, antara lain :
  • Gangguan produksi hormon androgen yang berlebih di tubuh akibat penyakit polycystic ovarium syndrome.
  • Gangguan metabolisme tubuh akibat berat badan berlebih, berat badan kurang, rendahnya hormon tiroid di tubuh.
  • Gangguan kecemasan yang tinggi dan stress membuat hormon tidak stabil.
Rahim kecil dan kempes hasil pemeriksaan yang Anda lakukan disebut dengan hypoplasia uterus. Ukuran normal dari rahim sekitar lebar 5 cm panjang 7,5 cm dimana tidak ada batasan khusus terhadap rahim karena rahim dapat membesar seiring dengan pertambahan usia dan proses kehamilan. Rahim yang kecil dapat memberikan gejala haid menjadi tidak teratur. Dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui fungsi organ reproduksi wanita lainnya, misalnya pemeriksaan USG untuk menilai sel telur, sumbatan dari saluran tuba, atau mencari tahu penyakit yang menyertai. Sehingga penyebab pasti haid tidak teratur dapat diatasi dengan segera.Lakukan pola hidup sehat, jangan stress dan cemas, lakukan olahraga di rumah secara rutin, makan makanan dengan gizi seimbang, jaga berat badan tetap ideal. Jika keluhan tidak haid masih Anda alami, Anda dapat melakukan konsultasi dan pemeriksaan ulang ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan kandungangangguan menstruasianomali rahim
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil