06 Dec 2020, 16:35Kandungan

Penyebab test pack positif namun pemeriksaan USG tidak terlihat janin

FF
Info Penanya: FF0
Sore Dok....saya sdh telat haid 2 Minggu..setelah saya testpack hasilnya positif..lalu saya periksa k dokter kandungan..lalu di USG rahim saya membesar akan tetapi janin tidak kelihatan..lalu USG transvaginal hasilnya pun sama janin tetap tidak kelihatan..lalu dokter menyarankan agar 2 Minggu kemudian saya datang lg untuk kontrol.. sdh 2x saya hamil belum pernah mengalami hal seperti ini..yg saya mau tanyakan dok..saya memang hamil atw ada penyakit lain?berbahayakah kondisi saya ini?TRIms..
1991 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo F,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kehamilan dinantikan oleh sebagian orang terutama yang belum diberi keturunan. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kehamilan, bisa dengan menerapkan pola hidup sehat, minum obat-obatan penyubur, vitamin, maupun tindakan bayi tabung.Telat haid merupakan salah satu tanda datangnya kehamilan. Selain itu tanda kehamilan dapat terjadi perubahan pada anggota tubuh, pembesaran perut, terlihat garis hitam di tengah perut, perubahan pada payudara, keram perut diikuti flek, bahkan ada yang mual muntah hebat sampai terjadi dehidrasi.

Pemeriksaan kehamilan

Pemeriksaan test pack adalah pemeriksaan yang praktis dan dapat dilakukan oleh pasangan di rumah, namun pemeriksaan ini juga kadang menunjukkan hasil yang salah (positif palsu) karena test pack ini dipengaruhi oleh alat test pack yang kurang sensitif, alat test pack yang rusak, urin yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, tingkat keasaman urin, bakteri di vagina, maupun karena pemakaian obat pembersih vagina atau pasca berhubungan seksual sebelumnya. 

Penyebab test pack positif namun pemeriksaan USG tidak terlihat janin

Pemeriksaan test pack ini dapat dipastikan kembali dengan pemeriksaan USG abdomen maupun USG transvaginal oleh dokter kandungan. Namun adakalanya pemeriksaan test pack positif namun pemeriksaan USG tidak terlihat janin karena :
Anda dapat mengulang pemeriksaan 2 minggu kemudian sesuai saran untuk hasil pemeriksaan yang lebih jelas. Jika saat menunggu pemeriksaan Anda mengalami perdarahan, nyeri perut bawah yang teramat sakit, atau perut yang semakin cepat membesar diikuti tanda kehamilan mual muntah yang lebih hebat, segera ke dokter.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
menjaga kehamilanmualtes kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil