Mual, muntah, perut sakit, pusing, padahal pakai KB suntik

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau nanya,saya suntik KB 1 bln,saya ganti menjadi 3 bln,dh begitu saya ga da haid dh 2 bln,keluhan saya mual,muntah,perut sakit,pusing,Dh begitu perut saya makin besar.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA.

Suntik adalah salah satu jenis kontrasepsi yang sering menjadi pilihan para pasangan, karena cara penggunaannya yang praktis dan mudah. Ada dua jenis suntik, yaitu 1 bulan dan 3 bulan, dimana kedua jenis tersebut mengandung hormon dan memiliki cara kerja yang berbeda. Tetapi, kedua jenis tersebut sama-sama bisa mencegah kehamilan.

Efektivitas suntik adalah sekitar 99%, yang artinya masih ada kemungkinan 1% untuk hamil. Seorang wanita yang hamil akan mengalami perubahan hormon, yang menyebabkan timbulnya beberapa perubahan fisik dan mental, seperti terlambat haid, mual muntah, perut dan payudara membesar, nyeri kepala atau bagian tubuh lain, serta emosi yang berubah.

Apabila Anda merasakan tanda-tanda tersebut pada saat menggunakan kontrasepsi, Anda memiliki kemungkinan kecil untuk hamil. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan testpack untuk memastikan, dengan urine di pagi hari. Apabila hasilnya positif, maka hentikan penggunaan suntik selanjutnya dan jagalah kehamilan secara baik-baik.

Tetapi, apabila hasilnya negatif, keluhan yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi karena kontrasepsi suntik tersebut. Apabila Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat menggunakan kontrasepsi lainnya seperti kondom atau IUD yang tidak mengandung hormon.

Untuk informasi lebih lanjut, jangan sungkan untuk datang dan berkonsultasi secara tatap muka ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Usia hamil 17 minggu perkembangan janin sudah membentuk otot dan tulang

Apa yang Terjadi pada Janin dan Ibu pada Usia Hamil 17 Minggu?

Usia hamil 17 minggu membuat perut ibu semakin membesar. Janin dalam kandungan juga terus mengalami perkembangan seperti mulai mengisap dan menelan hingga pembentukan sidik jari.