10 Jun 2020, 18:04Kandungan

Rahim kecil apakah bisa hamil?

N
Info Penanya: N0
Bisa hamil tida kalau rahim nya kecil
4355 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang N,Rahim atau uterus adalah salah satu organ reproduksi penting pada wanita terutama dalam siklus hormonal dan juga proses kehamilan. Rahim sendiri bisa memiliki ukuran kecil atau disebut hipoplasia uterus.Ukuran normal dari rahim sendiri sekitar 90 cm kubik dan volume sekitar 75-125 ml. Jika lebih kecil dapat mungkin merupakan ukuran rahim yang mengalami hipoplasia. Penyebabnya bisa karena bawaan sejak lahir ataupun karena gangguan hormonal yang dialami.

Apakah rahim kecil tidak bisa hamil?

Meskipun memiliki rahim yang kecil, tetapi untuk kesuburan sendiri tidak pasti mengalami infertilitas atau gangguan kesuburan, terutama jika ukuran rahim yang kecil tidak mengalami penurunan ukuran lebih dari 25% dari ukuran normal. Untuk itu perlu dipastikan lebih lanjut dan dilakukan tes kesuburan untuk memastikannya.Perhatikan juga ada tidaknya gejala yang bisa berkaitan dengan masalah hormonal seperti:
  • Gangguan siklus menstruasi
  • Adanya gangguan saluran reproduksi seperti flek diluar masa menstrausi
  • Nyeri perut bawah
  • dan lainnya
Nantinya akan dilakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan hormonal, pemeriksaan USG, dan pemeriksaan lain yang diperlukan. Dokter spesialis kandungan juga bisa melakukan penangan seperti terapi pengganti hormonal sambil dilakukan pemantauan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyakit rahimtes kesuburananomali rahim
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil