25 Nov 2020, 05:25Penyakit Lainnya

Rahang kaku, apa penyebabnya?

SN
Info Penanya: SN0
Dok kenapa setiap kali saya menguap atau membuka mulut saya lebar it di rahang pipi itu terkancing, kaku tdk bisa membuka lebar mulut saya solusinya apa yah dok?
240 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaRahang kaku adalah rasa kaku pada rahang baik ketika membuka mulut ataupun menutup mulut yang disertai dengan rasa sakit pada rahang. PAda rahang terdapat sendi rahang, kondisi rahang kaku ini, umumnya melibatkan kondisi otot dan sendi pada sekitar rahang.

Adapun beberapa penyebab rahang kaku adalah:

  • Stres dan atau kecemasan
  • Cedera pada sendi temporomandibular (sendi rahang)
  • Bruxism, yaitu kondisi dimana seseorang melakukan gertakan, gigitan atau mengatupkan gigi yang dilakukan berulangkali secara tidak sadar. Sehinga dapat menyebabkan keretakan gigi dan masalah sendi rahang serta masalah kesehatan mulut lainnya. 
  • Radang sendi
  • Rheumathoid artritis pada temporomandular joint (TMJ)
  • Dislokasi sendi temporomandibular
Terkait dengan kondisi Anda, keluhan yang terjadi bisa karena beberapa kondisi yang di sampaikan di atas. Untuk bisa memasstikannya, lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan sinar X untuk mengatahui kondisi kesehatan Anda. Untuk sementara, hindari membuka mulut terlalu lebar, konsumsi makanan yang bertekstur lunak, hindari penekanan pada area rahang, hindari makanan keras, minum air putih cukup. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan mulutdislokasi rahangnyeri rahang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil