Apakah yang menyebabkan rahang saya nyeri?

MA Info Penanya: MA
Dok sdh seminggu saya merasakan sakit rahang sampai ke telinga dan itu sangat sakit sekali ditambah saya juga kesulitan membuka mulut saat mau makan...kira" solusinya apa ya dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MA

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Nyeri pada rahang bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah adanya masalah pada sendi rahang (temporomandibular joint) bisa berupa temporomandibular joint syndrome, atau bahkan dislokasi sendi temporomandibular, bisa karena adanya infeksi pada rongga mulut, atau bahkan pada telinga, selain itu bisa juga dikarenakan oleh beberapa kondisi medis lainnya.

Temporomandibular joint syndrome adalah suatu kondisi nyeri yang dirasakan pada sendi rahang. Nyeri ini berasal dari sendi rahang dan juga otot-otot disekitar rahang yang menyebabkan seseorang yang mengalaminya merasakan nyeri saat membuka mulut.

Gejala yang muncul adalah sebagai berikut:

  • Rasa nyeri pada rahang bahkan bisa menjalar ke pelipis
  • Nyeri bertambah saat mengunyah, membuka muut, berbicara
  • Bunyi "klik" saat membuka mulut
  • Sakit kepala
  • Sakit pada telinga bahkan berdenging
  • Sakit pada area wajah

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah, dengan mengonsumsi makanan dengan tekstur lembek namun tetap bergizi, hindari membuka mulut terlalu lebar, cukupi kebutuhan cairan harian Anda serta jaga kebersihan area mulut.

Jika keluhan dirasa menggangu dan semakin nyeri, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis THT terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rahang kaku salah satunya disebabkan oleh tetanus

Apa yang Menyebabkan Rahang Kaku?

Tetanus bukanlah satu-satunya penyebab rahang kaku, Anda bisa mengalami kekakuan pada rahang yang dipicu oleh hal lain, seperti stres dan kecemasan, atau kebiasaan mengunyah permen karet secara berlebih.