Rahang kiri sakit, apa sebabnya dan bagaimana cara mengobatinya?

R Info Penanya: R, Pria, 2019 Tahun
dok, bagian rahang pipi kiri saya sakit tidak reda" seperti otot di rahang saya terjepit apa perlu di tindak lanjuti atau di biarkan saja ya ? hannya terkadang untuk makan saya susah untuk mengunyah karena sakit pada awal menggigit. trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, R.

Sakit pada rahang pipi kiri, bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti:

- Kelainan pada sendi rahang

Kelainan pada sendi rahang, disebut dengan temporomandibular disorder (TMD). Kondisi ini bisa muncul karena disebabkan oleh berbagai hal, seperti benturan yang keras, adanya gangguan pada otot rahang, bergesernya posisi rahang, hingga kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur.

- Adanya kelainan pada gigi

Jika pada ronnga mulut Anda terdapat gigi berlubang besar dan tidak pernah diobati, bisa jadi inilah biang keladi munculnya rasa sakit pada rahang. Gigi berlubang besar yang tidak segera diobati bisa mengalami infeksi. Infeksi tersebut lalu bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri yang menyebar hingga ke rahang.

- Kelainan saraf wajah

Kondisi kelainan pada saraf yang berada di rongga mulut dan area wajah, termasuk rahang, disebut dengan trigeminal neuralgia. Kelainan ini muncul, apabila terjadi tekanan berlebih pada saraf trigeminal yang mensarafi area-area tersebut.

Anda sebaiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter gigi, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sesuai penyebabnya. Dokter mungkin akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan foto rontgen, guna melihat kondisi rongga mulut dan rahang secara lebih jelas.

Jika rasa sakit sudah tidak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotek. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi obat hanya bisa meredakan nyeri untuk sementara waktu. Rasa nyeri akan kembali datang, apabila efek dari obat sudah hilang.

Semoga lekas sembuh. Salam Sehat.

drg. Nina Hertiwi

R
08 Jul 2019, 11:03
Trimakasih dok atas sarannya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa cara memutihkan gigi, termasuk menyikat gigi dengan rutin

Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami di Dapur

Gigi yang menguning membuat Anda tidak percaya diri? Maka cobalah cara memutihkan gigi dengan bahan alami di dapur Anda, seperti cuka apel, soda kue, bahkan minyak kelapa. Sudah siap senyum dengan memamerkan gigi bersih Anda?