03 Sep 2021, 20:08Gigi & Mulut

Rahang berbunyi dan sakit membuka mulut, kenapa?

SI
Info Penanya: SI, Wanita, 22 Tahun
dok saya, mau bertanya. sekitar 4tahun lalu saya mencabut gigi geraham bawah sebelah kiri. beberapa tahun kemudian hingga sekarang setiap saya membuka mulut maupun mengunyah saya tidak bisa membuka mulut terlalu besar. rahang sebelah kiri saya selalu bunyi 'krek' saat mencoba membuka mulut dan akhir2 ini disertai nyeri pada tulang rahang dekat telinga saya. apa rahang saya bergeser? apa penyebabnya karena saya mencabut gigi geraham? bagaimana agar rahang saya kembali normal?
107 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaan AndaRahang trasa sakit salah satunya bsia disebabkan oleh temporomandibular joint disorder, yaitu kondisi saat adanya masalah kesehatan pada sendi rahang dan atau disertai dengan otot-otot disekitarnya. Gejala yang timbul bisa rasa tidak nyaman di araea rahang, nyeri hingga menjalar ke leher dan atau telinga, dan lain sebagainya.

Adapun penyebab dari temporomadibular joint disorder adalah:

  • Kondisi psikologis seperti kecemasan atau bahkan kondisi stres
  • Adanya cedera pada area rahang
  • Menguap atau membuka mulut yang terlalu lebar
  • Kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur
  • Kondisi medis lain
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, kemungkinan kondisi Anda ini bisa disebabkan oleh temporomadibular joint disorder. Sedangkan, apabila dislokasi sendi temporomandibular, biasanya terjadi akibat cedera, kecelakaan, pukulan, yang menyebabkan pergeseran pada sendi rahang, sehingga mulut tidak bisa menutup atau gigi tidak sejajar saat menutup mulut. Terkait dengan apakaah keluhan ini karena efek dari cabut gigi atau tidak, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Untuk itu lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat untuk mengetahui kondisi Anda. Pastikan saat ini Anda tidak membuka mulut terlalu lebar, atasi stres, hindari kelelahan, konsumsi makanan bergizi, hindari makanan bertekstur keras untuk sementara waktu.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr Dwiana A
kesehatan mulutdislokasi rahangdislokasi sendi temporomandibularnyeri rahang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil