Rahang berbunyi apakah karena TMD?

A Info Penanya: A
Dok saya mau tanya, rahang sbelah kiri saya bunyi klak klik, apa itu TMD? Ap TMD boleh di urut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

TMD atau Temporomandibular disorder adalah suatu kondisi kelainan otot dan tulang yang mengenai temporomandibular joint (TMJ). TMJ adalah sendi pada rahang. Sendi ini bisa mengalami diskolasi atau pergeseran dari posisi normalnya. TMD bisa dikarenakan oleh kelelahan pada sendi dan otot sekitar TMJ, gejala yang muncul biasanya berupa bunyi "klik" atau bahkan jika memberat bisa nenimbulkan rasa nyeri hebat, bahkan tidak bis amembuka / menutup mulut.

TMD dapat disebabkan oleleh beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Adanya stres
  • Kelelahan pada sendi
  • Adanya cedera / trauma
  • Adanya penyakit sistemik

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, sebaiknya tidak di urut. Jika dirasa keluahan ini menggangu dan memberikan rasa tidka nyaman, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis THT unruk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah dengan berusaha mengonsumsi makanan yang lunak (hindari makanan yang alot, atau keras) dan tetap bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan cairan harian, lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar, dan hindari membuka mulut telalu lebar. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahu nyeri bisa menjadi pertanda frozen shoulder

Nyeri dan Kaku di Bahu? Bisa Jadi Ciri Frozen Shoulder

Rasa nyeri dan kekakuan di persendian bahu merupakan indikasi dari adanya frozen shoulder yang membuat Anda kesulitan untuk menggerakkan bahu. Kondisi ini dapat sembuh dalam kurun waktu setahun sampai tiga tahun. Kenali berbagai gejala dan tahapan dari kondisi frozen shoulder.