24 Nov 2020, 06:41Perut

Radang usus buntu

A
Info Penanya: A0
Halo dok, saya sebulan yg lalu sakit perut di bagian bawah, setelah cek darah ternyata mengalami gejala usus buntu, setelah sebulan ke dokter, sakit saya kambuh lagi dengan sakit yg lebih ringan. Sayapun ke dokter lagi dan sakit saya udah mereda. Yg saya ingin tanyakan kalau Gejala usus buntu yang sakitnya tidak terlalu parah dan tidak rumit, apa bisa di sembuhkan dengan obat, tanpa harus di operasi? Terimakasih.
187 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang A,Radang usus buntu atau appendisitis adalah terjadinya peradangan yang bisa mendadak atau akut dengan gejala nyeri perut kanan bawah. Jika tidak dilakukan penanganan bisa berisiko terjadinya perforasi atau pecahnya usus buntu yang meradang tersebut. Jika gejalanya ringan tapi terjadi dalam jangka panjang dan waktu yang cukup lama, bisa disebut dengan radang usus buntu kronik.Beberapa gejala yang khas pada radang usus buntu diantaranya:
  • Sakit perut kanan bawah bisa hebat dan mendadak
  • Konstipasi atau diare
  • Kembung
  • Mual dan muntah
  • Demam
  • Penurunan nafsu makan
Untuk memastikan kondisi tersebut perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis bedah, nantinya selain dilakukan pemeriksaan darah, perlu juga dilakukan pemeriksaan urine dan pemeriksaan appendicogram atau USG perut untuk memastikan apakah terjadi peradangan pada usus buntu. Selain itu juga bisa dilakukan pemindaian dengan MRI atua CT scan jika diperlukan

Penanganan radang usus buntu

Penanganan utama apabila terjadi radang usus buntu akut adalah dengan tindakan operasi, untuk mencegah komplikasi. Sedangkan pada appendisitis kronis, penanganan utama juga dengan tindakan operasi, tetapi tidak segera ataupun darurat untuk dilakukan, dimana penderita bisa diberikan pengobatan dengan obat anti nyeri dan antibiotik untuk mengurangi keluhan radang usus buntu kronis.Jadi periksakan kondisi Anda pada dokter spesialis bedah, untuk dipastikan langkah penanganan berikutnya agar bisa terhindar dari risiko komplikasi yang bisa terjadi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
masalah pencernaanradang usususus buntu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil