06 Dec 2020, 11:13Pernapasan

Nyeri menelan dan demam, apa penyebabnya?

GR
Info Penanya: GR0
Dok, 3hri demam sy naik turun. Trs tenggorokan sy ga enak, serasa panas, trs kasar klo nelen makanan.Yg sy obatin demamnya tp tenggorokannya blm diobatin. Akhirnya sy pergi k klinik. Kta dokternya sy bnr radang tenggorokan. dlm 3 hari udh dri dokter panas sy turun& tenggorokannya enakan. Tp sy ngerasa engap klo ngambil nafas lewat mulut, rada engapnya pas di tenggorokannya.Sy tkut lgi zmn kya gini. Tp dok panas sy dh turun, saya ga batuk, pilek atau diare, penglihatan sm penciuman sy normal.gmn?
316 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore GTerima kasih atas pertanyaan AndaNyeri menelan dan rasa tidak nyaman saat menelan dalam sitilah medis disebut dengan odinofagia. Kondisi nyeri menelan ini bisa disebabkan oleh adanya masalah kesehatan pada tenggorokan atau pada saluran napas. 

Adapun kondisi yang bisa menyebabkan keluhan nyeri melelan adalah:

  • Radang tenggorokan (faringitis) baik karena infeksi bakteri ataupun infeksi virus
  • Tonsilitis atau radang amandel
  • Infeksi saluran napas atas
  • Kondisi kesehatan medis lain, seperti adanya peningkatan asam lambung dan lain sebagainya
Terkait dengan apa yag Anda tanyakan, kemungkinan penyebab dari nyeri menelan yang terjadi pada Anda salah satunya bisa disababkan oleh kondisi-kondisi di atas. Keluhan demam terjadi ketika ada zat penyebab infeksi (virus/bakteri) yang menyerang tubuh. Dengan kata lain, demam merupakan proses perlawanan tubuh terhadap bakter / virus yang sedang melawan tubuh.Sehingga keluhan nyeri menelan disertai demam yang terjadi pada Anda bisa karena adanya  proses infeksi pada tubuh, selain infeksi bakteri bisa juga infeksi virus seperti influenza atau bahkan virus pernapasan lain seperti covid19. Keluhan napas tidak nyaman, selain disebabkan masalah pada saluran napas, juga bisa karena masalah pada saluran pencernaan, atau bahkan karena adanya proses peradangan pada tenggorokan. Untuk lebih memastikannya, lakukanlah pemeriksaan kembali ke dokter terdekat agar dokter melakukan evaluasi terhadap terapi pengobatan yang sudah di berikan. Usahakan anda tetap makan makanan bergizi, konsumsilah makanan dengan terkstur lunak untuk sementara waktu, minum air putih, gunakan masker, pastikan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, terapkan etika batuk dan bersin dengan benar, dan hindari kerumunan. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
demaminfluenzafaringitistonsilitiscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil