Radang tenggorokan hingga suara serak.

N Info Penanya: N, Wanita
Dok saya pelajar SMK, ingin bertanya. Dok radang tenggorokan saya kambuh lagi.. Dan suara saya menjadi serak saat untuk berbicara, dan terkadang untuk bersuara pun rasanya sedikit sakit, dan kepala saya pusing, badan pun lemas. Apa sih obatnya dok? Biar saya bisa beraktifitas dengan semestinya.. Dan makanan apa yang harus saya jauhi..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NA,

Radang tenggorokan merupakan proses infeksi di dalam tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, virus dan hal-hal lain yang menyebabkan iritasi seperti makanan dengan bumbu penyedap, pemanis dan pewarna makanan yang dipakai secara berlebihan. Radang tenggorokan yang berkepanjangan dapat menyebabkan iritasi pada pita suara dan mengakibatkan suara serak bahkan sampai menghilang.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri tenggorokan seperti :

  1. Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.
  2. Kumur menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam.
  3. Hindari berteriak atau berbicara untuk sementara waktu, untuk mengistirahatkan pita suara yang sedang mengalami peradangan.
  4. Hindari makanan pedas, gorengan, dan makanan dengan bumbu penyedap.
  5. Minum air hangat yang dicampur dengan madu.
  6. Minum obat penghilang nyeri seperti paracetamol.
  7. Cukup istirahat.

Bila suara semakin serak maka segera periksakan diri ke dokter spesialis THT untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Demam rematik pada anak bisa terjadi ketika radang tenggorokan akibat infeksi bakteri Streptococcus tidak tertangani dengan baik

Jangan Sepelekan Infeksi Tenggorokan, Bisa Berujung Demam Rematik pada Anak

Demam rematik pada anak biasanya terjadi ketika si Kecil berusia 5-15 tahun. Penyebab demam rematik pada anak adalah bakteri Streptococcus yang berpindah dari saluran pernapasan ke katup jantung melalui peredaran darah.