Radang tenggorokan disertai demam

CH Info Penanya: CH, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya mau tanya, 3 hari yang lalu saya demam dan mendadak radang. Sudah minum obat tapi tenggorokan masih kering, dan bibir mudah kering serta mulut terasa pahit untuk makan. Bagaimana mengatasinya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CHW

Radang tenggorokan atau faringitis dapat terjadi akibat infeksi bakteri dan virus, gejala yang sering timbul adalah tenggorokan kering, nyeri menelan, batuk, demam dan badan terasa lemas. 

Anda diharuskan istirahat bedrest, perbanyak minum air putih jika masih terasa kering pada tenggorokan, hindari makanan pedas dan panas. Selain itu faringitis sering terjadi akibat tubuh sedang kelelahan dan imunitas menurun, sebaikan perbanyak konsumsi buah dan sayuran atau tambahan multivitamin khususnya vitamin c. 

Untuk tatalaksana biasanya biasanya bersifat suportif seperti pemberian antiradang kortikosteroid jika terdapat nyeri menelan, pemberian paracetamol jika demam, mukolitik ambroxol jika terdapat batuk berdahak. Pada keadaan faringitis akibat bakteri dapat dipertimbangkan antibiotik.

Jika keluhan anda tidak membaik sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT-KL)

Salam sehat 

dr.Zulham Effendy

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab radang tenggorokan adalah infeksi virus streptococcus

Memahami Penyebab Radang Tenggorokan Sekaligus Gejala dan Cara Mengatasinya

Radang tenggorokan dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita radang tenggorokan. Penyebab utama radang tenggorokan adalah infeksi bakteri streptococcus. Kondisi ini ditandai dengan sakit tenggorokan.