16 Apr 2021, 06:09Pernapasan

Radang apa obatnya?

MY
Info Penanya: MY, Wanita0
Selamat pagi dok... Udh 2 minggu ini saya minum obat karna radang tenggorokan disertai batuk kadang ada dahak nya dan tidak Ketika minum obat membaik tpi saat sekali saja tidak minum obat akan radang lagi di sertai sesak nafasnya berulang seperti itu sampai saat ini.. Sebenrnya apa yang terjadi sama saya dok??? Bagaimna mengatasi nya tanpa harus ke puskesmas atau RS. Terima kasih.
97 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam MY,Radang tenggorokan, batuk, pilek, sesak napas adalah beberapa gejala yang perlu diwaspadai di tengah pandemi corona seperti sekarang ini. Karena bisa saja hal tersebut merupakan gejala infeksi virus corona. Terlebih bila keluhan tersebut disertai dengan demam dan hilangnya indera penciuman.Memang di tengah pandemi maka sebisa mungkin aktivitas dilakukan di rumah, oleh karena itu bila sewaktu-waktu Anda sakit maka sebisa mungkin meminum obat-obat golongan bebas yang bisa Anda beli secara bebas di apotik sebagai pertolongan pertama. Namun bila keluhan sudah berlangsung selama 2 minggu dan tidak mengalami perbaikan maka tentu saja harus dan wajib melakukan pemeriksaan ke dokter atau Rumah Sakit terdekat. Bila Anda memaksakan diri tidak mau periksa ke dokter atau Rumah Sakit maka hanya akan memperburuk kondisi Anda saja.

Yang perlu dilakukan saat ini untuk mengatasi radang tenggorokan dan keluhan-keluhan lainnya adalah:

  • Kumur menggunakan air hangat campur sedikit garam.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Minum obat seperti glyceryl guaiakolat untuk mengencerkan dahaknya.
  • Minum echinacea untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Segera lakukan pemeriksaan ke dokter karena tidak mungkin Anda berusaha mengobati diri Anda sendiri.Salam sehat,dr. Vina
radang tenggorokanbatukcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil