Apakah menggesekan kelamin dapat menyebabkan hamil?

SH Info Penanya: SH, Pria, 25 Tahun
Dok saya mau nanya, pacar saya kan sudah telat haid selama 3 hari, kami tidak berhubungan dok tapi cuman menggesekan alat intim aja, setiap saya ejakulasi selalu diluar dok namun cairan nya mengenai celana istri saya yang di dekat miss V nya, apa kah bisa menyebabkan kehamilan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SH,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menggesekan alat kelamin (penis dan vagina) dalam istilah medis sering disebut dengan petting. Petting merupakan istilah untuk salah satu bagian dari foreplay sebelum melakukan hubungan seksual. Selain itu tindakan petting yang lainnya seperti membelai payudara atau putting payudara, merangsang vagina dan klitoris dengan sentuhan, oral seks, dan membantu pria ejakulasi dengan tangan wanita.

Petting dapat menyebabkan kehamilan tergantung sejauh mana petting yang Anda lakukan. Semakin Anda melakukan petting di dekat liang vagina, akan meningkatkan resiko terjadi kehamilan karena meningkatkan peluang sperma bisa masuk ke dalam vagina dan bertemu dengan sel telur sehingga terjadi kehamilan.

Selagi petting tidak dilakukan dekat dengan vagina, maka kemungkinan untuk hamil kecil atau hampir tidak ada. Seperti yang Anda ceritakan, kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah kecil karena Anda dan pasangan masih menggunakan pakaian, namun tidak menutup kehamilan jika sperma bisa berenang ke dalam vagina.

Jika pasangan Anda terambat haid, lakukan testpack seminggu setelah terlambat haid. Dan jika positif Anda bisa melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan, namun jika tidak kunjung haid maka lakukan pemeriksaan untuk memastikan organ reproduksinya ada masalah atau tidak.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan sampai kecanduan onani membuat Anda lupa akan kehidupan sosial. Kenalilah cara berhenti onani yang ampuh ini.

Kecanduan Onani? Ikuti 9 Tips dan Cara Berhenti Onani yang Ampuh Ini

Kecanduan onani bisa menjadi masalah besar untuk pria yang "sakau" jika tidak melakukannya. Ini bukanlah masalah yang sepatutnya diremehkan oleh kaum pria, sebab kecanduan onani bisa menimbulkan dampak merugikan. Ikuti cara berhenti onani ini!