24 Nov 2020, 15:25Kandungan

Penyebab vagina berdarah dan penatalaksanaannya

NQ
Info Penanya: NQ0
Sore dok, saya mau tanya . Beberapa kali setelah selesai berhubungan intim dengan suami saya selalu berdarah, tapi tidak ada sakit yang saya rasakan . Dan itu beberapa kali terjadi . Apakah cukup serius atau memang sering terjadi pada umumnya dok? Terima kasih .
401 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat sore NQ, Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Proses berhubungan intim, dapat menyebabkan gesekkan pada vagina. Gesekan yang terlalu kuat, kondisi vagina yang kering, membuat vagina menjadi luka. Luka dapat mengeluarkan darah ataupun flek kecoklatan. Keluhan ini dapat disertai nyeri ataupun tidak.

Penyebab vagina berdarah setelah berhubungan intim

Penyebab vagina berdarah setelah berhubungan intim dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut :
  • Penggunaan kontrasepsi spiral
Spiral merupakan alat kontrasepsi yang dipasang di dalam rahim. Jika benda ini "dikenali" sebagai benda asing oleh tubuh, maka vagina akan mengelurkan darah.
  • Penyakit menular seksual
Ada beberapa penyakit menular seksual, salah satunya "raja singa" atau sifilis. Gejala sifilis berupa luka di alat kelamin. Jika terjadi hubungan seksual, maka luka ini dapat mengeluarkan darah.
  • Keputihan
Keputihan yang bercampur darah dapat keluar dari tubuh sebagai flek kecoklatan. Keluhan yang dirasakan dapat berupa gatal, berbau pada vagina, ataupun cairan vagina yang berlebih serta lengket.

Yang dapat Anda lakukan :

Yang dapat Anda lakukan agar vagina tidak berdarah setelah berhubungan intim yaitu melakukan foreplay sebelum berhubungan, menggunakan pelumas, tetap rileks saat berhubungan intim, dan jaga kebersihan organ intim.Jika keluhan yang Anda rasakan semakin parah, dapat diikuti dengan keram perut, ataupun nyeri pada kencing, dan demam, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat.dr. Lidya Hapsari."
hubungan seksualperdarahankepuasan seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil