Berhubungan tapi tidak ejakulasi apakah bisa hamil?

R Info Penanya: R
Hallo dok jd sy bulan juli halangan di tgl 20an kelarnya, trs kmrin tgl 2 agustus sy melakukan hubungan sma laki sya. Tapi ga sampe keluar air dri laki sya , cuma keluar air dari vagina sya aja. Itu bisa menyebabkan hamil atau ga ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan memang suatu hal yang tidak bisa di prediksi secara pasti. Pada prinsipnya kehamilan bisa terjadi karena adanya pembuahan atau pertemuan sel telur dengan sperma dan kemudian terjadi penempelan di dinding rahim. Sel telur akan keluar setiap bulannya pada saat ovulasi. Jika pada saat ovulasi tersebut ada sperma yang masuk, maka peluang untuk terjadinya kehamilan akan lebih besar.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, kemungkinan besar untuk terjadinya kehamilan adalah sangatlah kecil. Karena tidak ada cairan ejakulasi (sperma) yang masuk. Namun perlu Anda ketahui beberapa laki-laki ada yang mengeluarkan cairan pra ejakulasi yang dapat mengandung sperma. Jadi jika ada cairan pra ejakulasi yang dapat masuk dan ada sperma, makan kemungkinan hamil masih bisa terjadi.

Jika Anda mengalami terlambat haid, muncul flek coklat, perut kram, sebaiknya lakukan pemeriksaan seperti testpack untuk memastikan apakah Anda mengalami hamil atau tidak. Jika hasil testpack negative, mungkin saja terlambat haid karena sebab lain seperti kondisi hormonal tubuh yang tidak seimbang, pola makan/minum yang tidak sehat, kurang sayur dan buah dan stress yang berlebih. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual dan muntah saat hamil trimester pertama

Kondisi Ini Sering Muncul Saat Hamil Trimester Pertama

Hamil trimester pertama tak jarang disertai dengan berbagai kondisi medis tertentu. Mulai dari pendarahan vagina, hingga sakit kaki atau betis bisa terjadi.