Putus obat isoniazid bagaimana kelanjutannya?

DP Info Penanya: DP
Hallo dok... Dok saya ODHIV dan saya diberikan obat Isoniazid dan vitamin B6 ,,,,, kata dokter saya ,saya harus minum obat itu selama 6 bulan agar tidak kena TB, saya terus minum obat itu cuma hanya ±2 bulan (januari) , dikarenakan saya lelah terlalu banyak minum obat, (tetapi arv masih lanjut),,,, tapi saya terus diberi obat isoniazid itu dok... nah pertanyaan saya: Apa bisa saya melanjutkan obat isoniazid ini lagi dok, sedangkan kurun waktu ±2 bulan saya tidak minum isoniazid???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DP,

HIV AIDS adalah penyakit yang sangat berbahaya, karena seringkali disertai dengan penyakit-penyakit lainnya seperti TBC, infeksi usus, dll.

Isoniazid adalah salah satu obat yang digunakan untuk pengobatan TBC, namun seringkali dikombinasi dengan obat-obatan TBC yang lain sesuai dengan kategori dan tujuan pengobatan tersebut. Bila tujuannya hanya untuk pencegahan, memang biasanya diberikan obat tunggal.

Perihal obat yang sudah dihentikan selama 2 bulan, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan kembali dari awal, meliputi foto rontgen dada, cek dahak, dan cek darah lengkap serta LED untuk memastikan kondisi Anda.

Bila hasilnya baik, maka Anda bisa memulai pengobatan dari awal kembali, karena jangka waktu penghentian obat sudah dilakukan sangat lama sehingga perlu diulang dari awal.

Pengobatan TBC adalah pengobatan yang membutuhkan waktu lama, sehingga sangat diperlukan kesabaran dan kesadaran. Karena bila obat diminum secara asal-asalan dan tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka bisa saja terjadi resistensi obat, sehingga bakteri TBC sudah tidak mempan/ kebal dengan pengobatan TBC biasa.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kembali ke dokter paru atau dokter penyakit dalam yang sebelumnya merawat Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tuberkulosis atau TBC termasuk penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati secara tuntas

Kabar Baik! Penderita Flek Paru-Paru Bisa Sembuh Total

Flek paru-paru atau tuberkulosis adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Kabar baiknya, TB bisa disembuhkan dengan total. Biasanya dokter meresepkan antibiotik selama 6-9 bulan.