04 Oct 2021, 19:46Psikologi

Putus asa dan ingin mengakhiri saja.

AN*
Info Penanya: AN*0
Hallo, saya merasa diri saya akhir-akhir ini sedikit aneh. Saya selalu menangis, entah karena ada masalah atau tanpa sebab, setiap saya marah atau nangis hati saya sangat sakit dan menggebu-gebu dan yang membuat saya tenang hanya dengan cara saya memukul kepala saya berulang kali, lalu saya akan meninju tembok dan membenturkan kepala ke tembok lalu seketika hati saya tenang. Saya sangat merasa kesepian dan putus asa, rasanya saya ingin mengakhiri diri saya sendiri, tidak ada yang menyayangi saya
95 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi BB,Setiap orang tentunya memiliki masalah yang berbeda-beda dan kemampuan beradaptasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu ada orang yang siap dengan kondisi apapun dan ada orang yang mudah stres, depresi hingga terpikir untuk bunuh diri. Tentunya lingkungan sekitar juga turut berperan.

Penyebab putus asa:

  • Keinginan tidak sejalan dengan hasilnya. Hal ini sering terjadi jika keinginan lebih besar dan tidak disesuaikan dengan kondisi yang ada sehingga mengakibatkan kekecewaan.
  • Tidak adanya dukungan dari orang-orang sekitar.
  • Kegagalan berulang kali.
  • Keterbatasan fisik atau fasilitas.

Tips agar tidak putus asa dan tidak stres:

  • Lakukan kegiatan yang menyenangkan.
  • Sesuaikan antara keinginan dan kemampuan yang ada. Boleh berangan-angan atau bercita-cita namun sesuaikan dengan kemampuan agar tidak menimbulkan kekecewaan yang berlebihan.
  • Berbagi cerita dengan orang yang dipercayai untuk meringankan beban pikiran.
  • Lakukan olahraga secara teratur agar pikiran bisa lebih jernih.
  • Atur napas jika Anda mengalami kekesalan dan hindari melakukan hal-hal yang berbahaya seperti membenturkan kepala ke tembok.
Mengenai kondisi Anda tentunya bukanlah suatu hal yang wajar dan sudah memerlukan konsultasi dengan psikiater untuk mengatasinya karena jika dibiarkan akan semakin parah keadaan Anda dan akan semakin sulit untuk ditangani. Lakukan konseling dengan psikiater di tempat Anda.Salam sehat,dr. Vina
depresistresbunuh diri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil