Puting payudara mengeluarkan cairan, apakah berbahaya?

DD Info Penanya: DD, Wanita, 15 Tahun
Hallo dokterPayudara saya terasa gatal, tapi alhamdulillah sekarang sudah tidak. Tapi ada hal yang membuat saya takut. Yaitu keluar cairan di puting. Bukan di lubang keluarnya asi, tapi disekitar lubang yg keluar cairan. Cairan itu berwarna kuning, dan sekali pernah ada darahnya tapi dikit sekali. Itu bagaimana ya dok? Bahaya kah? Dan apakah ada cara pengobatan alaminya. (Saya umur 15 tahun) Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DD.

Puting payudara mengeluarkan cairan merupakan keadaan yang dapat terjadi karena berbagai faktor. Kendati lumrah dialami oleh Ibu yang sedang menyusui namun ada pula keaadaan dimana payudara mengeluarkan cairan dalam keadaan tidak sedang menyusui yang disebut dengan istilah galaktore.

Adapun berbagai faktor yang dapat menyebabkan keadaan galaktore, antara lainnya ialah :

  • gangguan hormonal
  • kista payudara
  • infeksi pada payudara, seperti abses yang biasanya disertai gejala nyeri, adanya benjolan dengan warna kemerahan di sekitarnya
  • mengalami cedera karena benturan
  • penggunaan atau konsumsi kontrasepsi hormonal khususnya pil KB
  • efek samping penggunaan obat-obatan tertentu
  • tumor pada payudara
  • keganasan atau kanker payudara

Mengenai keadaan keluarnya cairan dari puting payudara Anda yang berwarna kuning kendati bisa saja terjadi karena gangguan hormonal yang tidak berbahaya namun tetap perlu diperiksakan karena masih terdapat kemungkinan lainnya yang lebih serius terkait dengan adanya riwayat pegeluaran darah. Terkait dengan pertanyaan Anda tentang pengobatan alaminya, terlebih dahulu perlu diketahui faktor penyebabnya yang hanya dapat dipastikan dengan pemeriksaan lebih lanjut. 

Untuk sementara Anda dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) untuk menilai ada tidaknya benjolan pada payudara, sebagai keadaan yang mungkin menyertai keluhan keluarnya cairan pada payudara Anda. Hindari makanan tidak sehat seperti makanan cepat saja dan mengandung pengawet. Jika bentuk payudara mengalami perubahan disertai dengan adanya bagian payudara yang menyerupai kulit jeruk segeralah memeriksakan diri.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menghindari paparan radiasi dan polusi lingkungan, adalah salah satu cara mencegah kanker payudara.

8 Cara Mencegah Kanker Payudara yang Penting Diketahui Wanita

Kanker payudara adalah salah satu penyakit, yang sangat ditakuti oleh wanita. Bagaimana tidak, penyakit ini, sudah merenggut banyak nyawa kaum hawa. Sebenarnya, apakah ada cara mencegah kanker payudara, demi hidup yang lebih sehat?