Pusing seperti bumi berputar disertai pusing waktu sujud

R Info Penanya: R, Wanita, 48 Tahun
Pagi dok...sy ingin tanya, umur sy 48 thn, akhir akhir ini suka pusing, kadang2 tiba2 pusing kyk bumi berputar, mgkn sdh ada dari thn kmrn cm wkt itu jarang, skg makin sering. Td subuh sy merasakan pusing bgt saat sujud, begitu jg klo rukuk sampai sy tdk berani lg sujud. Kepala tdk bisa kebwh. Biasanya akhir2 ini sy selalu tidur dg bantal tebal tp smlm bantal kepala sy agak tipis. Mohon penjelasannya dok...terima kasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Anda mengalami vertigo. Vertigo adalah kondisi dimana Anda mengalami pusing hebat, dan merasa sekeliling Anda berputar atau melayang. Kondisi ini akan membuat seseorang menjadi tidak seimbang sehingga sulit untuk berdiri maupun berjalan. Penyebab vertigo dibagi menjadi 2. Pertama disebabkan karena gangguan pada pusat keseimbangan otak (vertigo sentral), dan kedua disebabkan vertigo perifer.

Berikut yang menyebabkan vertigo sentral adalah:

  1. Migran. Migran adalah keadaan dimana rasa nyeri dan berdenyut.
  2. Neuroma akustik. Keadaan ini adalah tumor jinak yang tumbuh pada saraf kranial.
  3. Multiple sclerosis. Keadaan ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.
  4. Tumor otak adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan yang menyerang otak kecil.
  5. Stroke adalah kondisi terjadi penyumbatan pembuluh darah yang ada di otak.
  6. Akibat obat-obat tertentu.

Kedua, vertigo perifer adalah vertigo yang sering terjadi, dimana ada gangguan yang terjadi di telinga bagian dalam karena infeksi bakteri atau virus.

Beberapa keadaan yang menyebabkan vertigo perifer:

  1. Labirinitis adalah gangguan pendengaran akibat virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi telinga bagian dalam.
  2. Vestibular neuritis atau yang disebut peradangan saraf pada telinga bagian dalam yang diakibatkan virus atau bakteri juga.
  3. Penyakit meniere adalah gangguan pendengaran karena adanya kelebihan cairan dibagian telinga dalam karena infeksi virus sehingga menganggu kekebalan tubuh kita.
  4. BPPV atau benign paroxysmal position vertigo adalah kondisi dimana telinga  bagian dalam mengalami gangguan karena perubahan posisi kepala tiba-tiba.
  5. Riwayat cedera kepala sebelumnya.

Gejala vertigo diawali dengan pusing berputar atau kliyengan dan dapat disertai mual, muntah, keringatan, pergerakan pandangan mata menjadi tidak normal, hilangnya fungsi pendengatan, telinga berdenging. Bahkan beberapa orang sampai kesulitan untuk berdiri atau berjalan.

Ketika vertigo sedang kambuh, sebaiknya pasien duduk diam. Ketika ingin berbaring gunakan beberapa bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Hindari gerakan mendongak, berjongkok atau membungkuk. Pengobatan vertigo biasa dilakukan dokter dengan mengidentifikasi penyebab terlebih dahulu. Segera hubungi dokter jika gejala yang disebutkan diatas terjadi.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi jahe dapat menangani sakit kepala sebelah

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Sakit kepala sebelah atau migrain dapat menimbulkan rasa nyeri di satu sisi kepala. Cara mengatasinya yaitu kompres dengan air dingin atau hangat, mengonsumsi kafein dan jahe, serta minum air.