Pusing sampai penglihatan sekilas hitam, tidak nafsu makan karena masalah hubungan asmara

ML Info Penanya: ML
Dok saya ingin mencari jalan keluarnya masalah dengan hubungan asmara saya. Saya sering sekali merasakan pusing sampai penglihatan saya sekilas hitam bahkan sampai tidak ada nya nafsu makan.. ingin berusaha melupakan nya.... Dengan cara yg baik dan benar bagaimana ya dok.karna ini sangat mengganggu keseharian saya dan kesehatan saya.. terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ML,

Keluhan psikis dapat juga menimbulkan gangguan pada kesehatan fisik dimana stres atau kesedihan saat ini dapat menjadi pemicu kehlangan minat pada kegiatan sehari-hari, kehilangan nafsu makan, tidak mampu menjalankan aktivitas sehari-hari, mudah lelah, merasa sedih yang berlarut-larut, merasa tidak berharga sampai bisa menimbulkan keinginan untuk menyakiti diri sendiri.

Untuk mengatasinya sendiri perlu untuk mengatasi pemicunya. Jika permasalahan asmara yang menjadi penyebabnya perlu dilakukan beberapa hal untuk dapat melupakan dan juga bisa move on dari permasalahan tersebut. Upayakan untuk berbagi cerita pada orang terdekat atau orang yang Anda percaya untuk sekedar bercerita, mengatasi kesepian ataupun bisa membantu mengatasi hal yang Anda alami. Alihkan pikiran pada pikiran-pikiran positif, lebih mendekatkan diri pada keluarga atau secara religi, lakukan aktivitas fisik yang bisa menbantu melupakan masalah seperti berolahraga dan bisa membuat lebih segar, melibatkan diri pada kegiatan sosial ataupun kegiatan lain yang banyak terpapar dengan interaksi sosial sehingga bisa membantu melupakan.

Selain itu juga penting untuk tetap menjaga pola hidup agar tidak justru membuat kondisi fisik juga menjadi terpuruk dengan tetap menjaga pola makan, cukup istirahat, dan tetap beraktivitas fisik agar tetap bugar. Jika masih kesulitan maka perlu untuk meminta bantuan pada profesional seperti pada dokter spesialis jiwa atau pada psikolog agar dilakukan penanganan baik konseling ataupun pengobatan jika diperlukan. Jika tidak ditangani dan berlarut-larut dapat menimbulkan depresi yang lebih berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu perbedaan psikolog dan psikiater adalah dalam cara menangani pasien

Sudah Tahu Perbedaan Psikolog dan Psikiater?

Gangguan psikologis perlu untuk segera ditangani karena berdampak pada kehidupan sehari-hari penderitanya. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi psikolog atau psikiater. Namun, perbedaan psikolog dan psikiater tidak hanya sekedar dari wewenang pemberian resep obat saja.