Pusing, lemas dan tidak nafsu makan apa penyebabnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita
dok, saya mau tanya.. kenapa ya saya mengalami pusing, badan lemas, badan terasa panas dingin, tidak nafsu makan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Pusing adalah keluhan yang bisa dirasakan seperti rasa tidak seimbang, pusing berputar, merasa melayang sampai bisa seperti ruangan ikut berputar. Pusing sendiri bisa bersamaan dengan gejala lain seperti mual sampai muntah, tidak enak badan ataupun masalah nafsu makan.

Penyebab pusing

Penyebab pusing sendiri diantaranya adalah:

  • Kurang asupan cairan atau dehidrasi
  • Pola makan yang tidak baik
  • Kurang kadar gula dalam darah atau hipoglikemia
  • Kurang darah atau anemia
  • Tekanan darah rendah
  • Gangguan keseimbangan
  • Vertigo

Untuk mengatasi pusing dan keluhan lain, perlu memperhatikan keseharian seperti makan teratur, minum air putih lebih banyak, hindari terlalu banyak tidur, tidak kurang tidur, hindari gerakan kepala yang terlalu cepat seperti misalnya dari tidur ke duduk atau berdiri.

Bisa juga konsumsi obat maag sebelum makan dan vitamin B6 apabila ada mual. Jika pusing hebat sampai sulit membuka mata atau sampai sulit beraktivitas bisa minum obat dimenhidrinat untuk mengatasinya. Jika sakit kepala atau demam bisa minum parasetamol setelah makan.

Upayakan makan lebih sering tetapi dengan porsi yang tidak besar agar membantu asupan makan. Jika disertai demam dan berlangsung lebih dari 3 hari, maka perlu dilakukan pemeriksaan untuk dipastikan apa penyebabnya. Tidak jarang adanya infeksi juga bisa jadi pemicu kondisi yang dialami. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual, pusing dan lemas yang terjadi bersamaan dapat disebabkan beragam penyakit.

Mual, Pusing, dan Lemas Gejala Apa? Ini 9 Kemungkinan Penyebabnya

Mual, pusing dan lemas yang terjadi bersamaan, dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Jangan diremehkan, sebab dapat menimbulkan kerugian jika dibiarkan.