Pusing saat bangun dari kasur, kenapa?

IW Info Penanya: IW
Akhir2 ini saya sering pusing, badan lemes, bangun tidur atau bangun dari kasur atau duduk suka keliyengan...berdiri kelamaan keliyengan, dada kanan saya suka sakit (keram) beberapa menit doang dok. Gejala yang saya alami itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IW.

Pusing atau 'keliyengan' adalah kondisi ketika tubuh terasa melayang atau ingin jatuh. Ketika mengalami hal ini, seseorang biasanya merasa tidak bisa berdiri dengan tegak. Terkadang, pusing juga disertai pandangan kabur atau gelap pada mata.

Terkait kondisi Anda, pusing karena perubahan posisi, yaitu saat bangun dari kasur, disebut dengan hipotensi ortostatik. Kondisi ini disebabkan karena perubahan tekanan darah yang menurun secara mendadak. Hipotensi ortostatik juga bisa disertai dengan nyeri dada, leher, atau bahu, seperti yang Anda alami.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk duduk terlebih dahulu selama lima menit saat bangun dari kasur. Setelah duduk, Anda dapat berdiri diam selama lima menit, baru mulai berjalan. Selain itu, penuhi kebutuhan cairan agar darah dapat mengalir dengan lancar. Hindari mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol.

Jika kondisi Anda tidak membaik dengan cara yang telah disebutkan, atau keluhan disertai degup jantung yang tidak teratur atau sering berkeringat, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan seperti tekanan darah dan laboratorium, dan memberikan penanganan yang sesuai bagi Anda.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran pencernaan, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan

Penyebab Pusing dan Mual yang Mungkin Tidak Terpikirkan oleh Anda

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran cerna, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan. Selain itu, pusing dan mual juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih parah dan membutuhkan penanganan segera. Salah satu penyakit yang menyebabkan pusing dan mual adalah ketoasidosis diabetik. Kondisi ini merpakan komplikasi diabetes melitus yang mengancam nyawa.