Pusing, mual dan muntah karena apa?

ID Info Penanya: ID, Pria, 1 Tahun
Halo dok kemarin saya pusing,mual"dan muntah dok...habis itu saya di urut katanya saya masuk angin,sesudah itu saya di urut mual dan muntah " Nya pun hilang tpi masih terasa pusing dok...itu kenapa ya...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ID,

Pusing adalah sensasi berputar, rasa tidak seimbang, terasa limbung, ataupun sensasi tidak nyaman lainnya yang bisa timbul akibat beberapa penyebab mulai dari gangguan keseimbangan, gangguan pencernaan, sakit kepala, benturan kepala, vertigo, dan lainnya. Pusing juga bisa disertai mual, muntah, rasa tidak nyaman di perut, sakit kepala sampai bisa memicu pingsan.

Untuk itu perlu mencari tahu apa penyebab timbulnya gejala mulai dari pola makan, asupan cairan, tekanan darah yang rendah, kadar gula darah yang rendah, ataupun juga bisa karena pola makan atau asupan makanan yang tidak baik sehingga memicu gangguan pencernaan dan pusing.

Untuk itu baiknya bukan dengan urut saja penangananya, bisa periksakan diri pada dokter dimana nantinya akan diberikan penanganan untuk gejala yang timbul seperti obat untuk mengatasi keluhan pusing, mual dan muntah yang timbul.

Perlu juga perbaiki pola asupan makan, jaga asupan makanan, perbanyak minum air putih, hindari gerakan kepala yang tiba-tiba, cukup istirahat dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mencegah kambuhnya gejala. Jika keluhan pusing kembali timbul dan sering kambuh maka baiknya juga bisa dikonsultasikan pada dokter spesialis saraf untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut melilit pada wanita

7 Bahan Alami Pengganti Obat Sakit Perut Melilit

Sakit perut tidak harus selalu diatasi dengan obat. Untuk mengatasinya, makanan yang dapat Anda coba adalah pisang, pepaya, jahe, teh herbal, dan yogurt.