Apa penyebab perut terasa perih dan panas?

DF Info Penanya: DF
Selamat malam dok, sudah 3hari saya merasa pusing perut terasa perih dan panas. Sekarang suka ada sesak nafasnya sedikit itu kenapa ya dok? Terus bagaimana cara menyembuhkannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Perut perih dan panas merupakan suatu gejala yang dialami oleh setiap orang dan menandakan bahwa terjadi gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan tersebut bisa maag, diaere, infeksi, keracunan makanan, dll. 

Kondisi yang Anda alami ini kemungkinan penyebabnya akibat maag. Maag adalah suatu kondisi meradangnya lambung yang diakibatkan karena infeksi bakteri. Maag sendiri bisa menimbulkan gejala mual, muntah, nyeri perut, cegukan, sesak napas, dan perut terasa panas. Dan tak jarang akibat kondisi ini, sering muncul gejala sakit kepala atau pusing. Untuk itu, kondisi ini harus segera diatasi. 

Untuk mengatasi maag, Anda bisa konsumsi obat lambung yang aman yaitu antasida. Selain itu, bisa juga dengan mengkonsumsi probiotik, konsumsi teh hijau, jahe, ekstrak bawang putih, mengurangi porsi makan, dan menghindari stres. Jika tidak ada perubahan, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat diperiksa secara langsung dan diterapi dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma

Menelisik Hubungan Sakit Maag dengan Asma

Beberapa teori menunjukkan bahwa maag dan asma (GERD) memiliki hubungan. Salah satu teorinya menyebutkan naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma.