Pusing pada remaja perempuan

RJ Info Penanya: RJ, Wanita, 2019 Tahun
Hallo dokter. Umur saya 12 tahun, saya ingin bertanya , kenapa akhir akhir ini sudah sekitar 3 harian kepala saya pusing terus, pas hari pertama kali saya baru bangun tidur, dan langsung muter muter kayak vertigo gitu, sampe sekitar 1 jam an pusing nya ilang, sampe akhirnya di sore hari pusingnya muncul lg sama kaya muter2 gitu, hanya saja skrg saya tidak mengalami itu lagi, tetapi hanya pusing yg berkelanjutan setiap hari, tetapi pusing nya bukan yang pusing berat, hanya seperti kita baru sembuh dari demam gitu jd pusing tapi bukan demam. Mohon dijawab. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, Ms. RJ

 

Pusing adalah keluhan yang umum terjadi akibat aliran darah ke otak yang terganggu. Selain itu banyak bagian tubuh yang bekerjasama agar kita tetap seimbang. Diantaranya mata, otak, telinga dan saraf pada kaki dan tulang belakang.

Untuk mencegah pusing, sebaiknya makan yang teratur, tidak boleh terlalu lelah, dan menghindari stress. Pada perempuan juga ada pengaruh hormon tambahan sesuai dengan siklus menstruasinya. Hindari tidur terlalu malam dan penggunaan gadget berlebihan.

Sebaiknya segera ke dokter bila pusingnya disertai :

- pingsan, jatuh atau tidak bisa berjalan

- sakit kepala berat, cedera kepala, kejang, muntah

- nyeri dada, jantung berdebar-debar, sesak nafas

- demam tinggi

- gangguan bicara, penglihatan atau pendengaran

- kelemahan anggota tubuh atau wajah

Untuk tatalaksana selanjutnya dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis Syaraf.

 

Salam Sehat,

 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Campuran cuka apel dan madu bisa menjadi pilihan makanan untuk penderita vertigo

Makanan untuk Penderita Vertigo Sebagai Langkah Pengobatan Alami

Bagi sebagian orang, vertigo tidak menjadi masalah kesehatan yang membahayakan walau tetap mengganggu aktivitas. Pengobatan gejala ini memang tersedia, tetapi vertigo juga masih bisa diatasi dengan cara alami. Misalnya lewat makanan untuk penderita vertigo.