Pusing muntah diare sudah 4 hari

AM Info Penanya: AM, Pria, 12 Tahun
Anak saya brusia 12 th sdh 4 hri masih trasa mual diare dan pusing itu gjala apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AM.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pusing adalah sensasi nyeri yang dapat dirasakan pada sebagian atau seluruh kepala dengan sensasi berdenyut, seperti terikat atau bahkan melayang. Penyebab dari pusing ini dapat beragam, adanay gangguan pada struktur kepala, aktivitas berlebihan yang tidak diimbangi istirahat yang cukup serta gangguan pencernaan. Sedangkan mual dan diare merupakan beberapa gejala yang umumnya berhubungan dengan saluran cerna. 

Terkait dengan dengan keluhan yang dialami anak Anda, pusing, mual dan diare tersebut dapat berhubungan. 

Beberapa penyebab keluhan tersebut diantaranya adalah :

  • infeksi saluran cerna khususnya gastroenteritis 
  • gangguan pencernaan seperti sindroma dispepsia
  • keracunan makanan 

Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab dari gejala yang dialami oleh anak Anda. Untuk sementara yang terpenting adalah menghindari komplikasi dehidrasi dari diarenya. Anda perlu untuk memantau asupan cairannya dan Anda dapat memberikan cairan oralit sesuai dengan panduan pada artikel berikut ini, "cara mengatasi dehidrasi anak". Anda juga dapat memebrikan air rebusan jahe pada anak untuk mengurangi keluhan mualnya, serta memeberikan obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek berholongan asetaminofen dengan memperhatikan panduan pemekaian berdasarkan berat badan anak. Serta Anda juag dapat memeberikan suplemen probiotik yang dapat dibeli di apotek.

Apabila keluhan ini berlanjut dan disertai demam, sebaiknya Anda membawa anak Anda ke fasilitas kesehatan darurat untuk ditangani segera.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa bahaya makan seblak, di antaranya diare dan meningkatkan berat badan

Waspada, Bahaya Makan Seblak untuk Kesehatan Nyata Adanya

Bahaya makan seblak untuk kesehatan tidak bisa diremehkan. Meski tidak serta-merta menyebabkan usus buntu seperti hoax yang banyak beredar, tapi makanan ini bisa memicu diare dan bahkan tekanan darah tinggi jika terlalu sering dikonsumsi.