Pusing, mual, muntah dan lemas. Kira-kira sakit apa ya?

N Info Penanya: N
Dokter saya ingin bertanya ,, saya tidak mengetahui apakah saya terkena penyakit atau tidak . Saya tidak pernah kedokter , jadi saya takut kalau saya mempunyai penyakit . Saya ingin tau apa saya kena penyakit atau tidak , jadi saya ingin meminta bantuan dokter , kira-kira saya punya penyakit atau tidak kalau iya apa nama penyakit saya ...Ciri ciri gejala yang saya alami adalah saya sering merasa pusing apalagi setelah bangun dari berbaring , badan lemas , sakit kepala , merasa mau muntah setelah makan , denyut jantung cepat , badan meriang , keringat saya jarang keluar , kepala selalu panas , pucat ,sesak nafas , saya sering tidur misalnya saya tidur malam jam 10 bangun jam 8 pagi setelah itu saya tidur siang jam 2-5 .badan sakit sakitan . Kira kira saya ada penyakit apa tidak dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, N.

 

Untuk mengetahui sebuah penyakit harus dengan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter dan ditunjang dengan pemeriksaan lanjutan misalnya tes laboratorium darah, tes USG, rontgen dsb.

Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan yang dialami adalah :

- Peningkatan asam lambung : Dengan gejala mual, muntah, lemas, berkeringat dingin, tidak nafsu makan, sering sendawa, perut kembung dan begah. 

-  Tekanan darah rendah : Gejala yang dialami dapat berupa pusing, mual, penglihatan kabur, mudah lelah, sulit berkonsentrasi, lemas, dan pucat. Dikatakan tekanan darah rendah apabila tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg. Penyebab dari tekanan darah rendah adalah kekurangan vitamin, dehidrasi, infeksi, gangguan jantung dan alergi.

- Anemia : Anemia adalah kekurangan sel darah merah yang mengandung hemoglobin, fungsi hemoglobin adalah membawa oksigen sehingga gejala yang dialami adalah lemas, mudah lelah, napas pendek, berkunang-kunang, insomnia, nyeri dada, kulit terasa dingin, sulit berkonsentrasi. Anemia dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12 serta diakibatkan oleh penyakit kronis.

 

Sebaiknya periksakan ke dokter ya agar diperiksa langsung dan mendapat penanganan yang sesuai.

 

Untuk  menanganinya saya sarankan :

Istirahat cukup

2. Tidak tidur larut malam. Pastikan waktu tidur anda cukup yaitu 6-7 jam perhari

3. Hindari konsumsi kafein seperti teh, kopi

4. Perbanyak asupan air mineral, 2L perhari

5. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti, daging merah, hati, bayam dan kacang-kacangan seperti almond, biji bunga matahari

6. Kelola stress

7. Berolahraga teratur, 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit. 

8. Mengonsumsi vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh

9. Disarankan anda tidak mengonsumsi makanan yang asam, pedas dan berlemak tinggi.

 

Jika, anda merasakan lemas, dan tidak bisa makan karena mual serta mengalami muntah makan segera ke UGD ya

 

Semoga bermanfaat

Salam Sehat

dr. Karlina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh KJ
19 Jan 2020, 00:33
Dok saya mau bertanya, kalau badan kita lemas,mual mual,pusing,sesak nafas itu kurang darah atau malaria? Butuh jawabanya dok

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab perut buncit pada lansia beragam, mulai dari lemak hingga kondisi penyakit.

7 Penyebab Perut Buncit pada Lansia dan Cara Mengatasinya

Penyebab Perut buncit pada lansia tidak selalu disebabkan oleh tumpukan lemak, ada juga beberapa kondisi penyakit seperti asites, intoleransi laktosa, IBS, dan lainnya.