Pusing, lemas, sesak nafas apa penyebabnya?

NH Info Penanya: NH, Wanita, 19 Tahun
Dok saya umur 19 tahun, saya merasa pusing kalau habis berbaring, terus mual, kadang juga sesak nafas, gejala apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NH, 

Pusing adalah sensai berputar, tidak seimbang, limbung ataupun rasa melayang yang bisa disebabkan oleh beberapa penyebab. Kondisi ini bisa juga dicetuskan karena kebiasaan sehari-hari seperti aktivitas fisik berat, pola makan yang kurang baik, asupan makan yang tidak bernutrisi, kurang asupan cairan dan lainnya.

Penyebab pusing sendiri bisa karena kondisi penyakit ataupun penyebab lain.

Beberapapa penyebabnya adalah:

  • Vertigo, sering kali karena perubahan posisi kepala yang cepat dan mendadak
  • Serangan darah rendah, terutama saat berubah posisi dari tidur ke bangun
  • Anemia atau kurang darah, bisa dipicu karena nutrisi yang kurang baik seperti defisiensi vitamin b12, zat besi ataupun asam folat
  • Dehidrasi atau kurang cairan
  • Kadar gula darah yang rendah
  • Gangguan pencernaan

Jadi untuk sementara bisa menghilangkan pusing dengan mengonsumsi obat antasida sebelum makan, perbanyak minum air putih, perbaiki pola makan, hindari makanan yang mengiritasi saluran pencernaan dan bisa tidak terlau cepat bergerak dari tidur ke berdiri atau sebaliknya.

Jika tidak ada perbaikian dalam 2 minggu - 1 bulan kedepan maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter spesialis saraf untuk memastikan penyebabnya. Jadi kebiasaan sehari-hari seperti pola makan, pola istirahat, aktivitas fisik, asupan cairan sangat penting ya untuk mengatasi gejala tersebut. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NH
29 Mar 2020, 20:39
Trimakasih dok, tapi terkadang saya juga merasa lemas, cepat capek, dan juga sesak nafas, serta mual dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Mar 2020, 07:31
Penyebabnya bisa saja kemungkinan-kemungkinan di atas ya, NH. Bisa juga dari pencernaan seperti dispepsia, GERD, dan lainnya. Bisa dikonsultasikan dulu agar penyebabnya pasti ya :)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat dapat dilakukan.

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Cara mengatasi sakit kepala bisa ttanpa obat, seperti kompres air dingin atau hangat di kepala, acupressure, konsumsi air putih dan makanan kaya vitamin B kompleks.