Pusing ketika berdiri setelah duduk, apakah itu hipotensi ortostatik ?

SU Info Penanya: SU, Pria, 46 Tahun
Hi dok anak saya itu kepala nya suka pusing ketika berdiri setelah dia bangun dari duduk.apakah dia menderita hipotensi ortostatik?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, K.

Pusing saat adanya perubahan posisi khusunya dari duduk ke berdiri dapat terjadi karena berbagai faktor. Umumnya hal ini berhubungan dengan tekanan darah dan keadaan darah secara keseluruhan. Beberapa keadaan yang sering diidentikan dengan keluhan tersebut adalah hipotensi ortistatik dan anemia. Namun demikian masih terdapat kondisi medis lainnya yang dapat mendasari keadaan tersebut.

Mengenai pertanyaan Anda tentang hipotensi ortostatik yang merupakan kondisi penurunan tekanan darah mendadak yang terjadi karena perubahan posisi perlu dibuktikan dengan adanya pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan lanjutan seperti rekam jantung atau elektrokardiogram (EKG) atau bahkan pemeriksaan USG jantung atau ekokardiogram. Jika keadaan tersebut sering kali dialami ada baiknya untuk segera diperiksakan agar dapat dipastkan berupa hipotensi ortostatik atau kelainan lainnya.

Untuk sementara, perbanyaklah konsumsi cairan perharinya (3 liter/hari untuk pria) dan hindari perubahan posisi yang mendadak baik dari posisi tidur ke duduk, posisi duduk ke berdiri dan sebaliknya. Ada biaknya juga untuk menghindari perubahan suhu yang mendadak karena dapat pula memberikan pengaruh.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab darah rendah bisa bermacam-macam, salah satunya dehidrasi

Mengulik Lebih Jauh Penyebab Darah Rendah

Ketika tekanan darah seseorang berada di bawah 90/60 mmHg, artinya ia mengalami tekanan darah rendah. Ketahui penyebab darah rendah yang kerap memicu mual.