Pusing disertai penglihatan gelap

AP Info Penanya: AP, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya. Saat saya hendak melakukan setiap aktivitas ringan saja, kepala saya selalu pusing hebat seperti ditarik kebelakang dan disertai dengan penglihatan kabur bahkan hitam selama beberapa detik. Jantung saya juga sering berdebar debar kencang bahkan disaat saya sedang tiduran. Nafsu makan berkurang, lemas, dan terkadang cemas yg berlebihan. Kalau boleh tahu,ini gejala apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, APS

 

Pusing kemudian disertai pandangan kabur bahkan sampai gelap selama beberapa detik diakibatkan menurunnya aliran darah ke otak. Diawali dengan perasaan melayang atau pusing. Beberapa penyebabnya adalah kadar gula darah rendah, anemia, serangan panik, cemas dan lain-lain. Pada wanita ada juga faktor hormonal dan pengaruh siklus menstruasi.

Sebagai pencegahannya makan yang teratur dan jangan terlalu lelah. Atur nafas saat sedang gelisah agar nafas tidak terlalu cepat. Dan saat bangun tidur, bangunlah secara perlahan. Hindari faktor penyebab stress dan carilah aktivitas relaksasi.

Bila tidak kunjung membaik, bisa juga disebabkan adanya kondisi klinis pada otak, telinga atau jantung. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Syaraf untuk penatalaksanaan lebih lanjut.

 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Campuran cuka apel dan madu bisa menjadi pilihan makanan untuk penderita vertigo

Makanan untuk Penderita Vertigo Sebagai Langkah Pengobatan Alami

Bagi sebagian orang, vertigo tidak menjadi masalah kesehatan yang membahayakan walau tetap mengganggu aktivitas. Pengobatan gejala ini memang tersedia, tetapi vertigo juga masih bisa diatasi dengan cara alami. Misalnya lewat makanan untuk penderita vertigo.