Pusing disertai mimisan

SA Info Penanya: SA, Pria, 2019 Tahun
tiap2 kali kepala pusing mesti mimisan ini gejala penyakit apa ya dok?dan kira2 obatnya bagus apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SA

 

Pusing adalah kondisi melayang atau berputar akibat gangguan keseimbangan, dapat disebabkan karena gangguan pada hidung, sinus, telingan bagian dalam, saraf otak, kelainan metabolik,  kelainan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi.

Pada anda juga terdapat mimisan atau epistaksi yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah hidung bagian depan atau belakang. Jika mimisan disertai pusing, hal itu dapat terjadi pada kondisi tekanan darah yang tinggi sehingga memicu aliran darah yang tinggi ke otak dan hidung disertai pecahnya pembuluh darah hidung. Kondisi lain yang juga menyertai adalah adanya tumor pada hidung bagian dalam yang dapat membuat rapuh pembuluh darah sehingga menyebabkan rasa pusing dan mimisan. Harus di evaluasi kondisi mimisan dan pusing tersebut disebabkan oleh masalah pada hidung atau dari kelainan sistemik tubuh lainnya.

Selama mimisan jangan panik,  anda dapat duduk lurus sambil menundukkan kepala dan memencet hidung, jika sudah berhent, segera konsultasikan diri anda dengan dokter spesialis THT-KL

Salam sehat

dr.Zulham Effendy 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran pencernaan, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan

Penyebab Pusing dan Mual yang Mungkin Tidak Terpikirkan oleh Anda

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran cerna, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan. Selain itu, pusing dan mual juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih parah dan membutuhkan penanganan segera. Salah satu penyakit yang menyebabkan pusing dan mual adalah ketoasidosis diabetik. Kondisi ini merpakan komplikasi diabetes melitus yang mengancam nyawa.