Pusing dikarenakan tensi rendah atau vertigo?

W Info Penanya: W, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau tanya kemarin saya ke dokter katanya saya tensinya rendah apakah tapi sudah 3 hari belum sembuh juga, saya merasa jika tidur pusing dah habis bangun pusing kenapa ya dok? Saya darah rendah atau vertigo?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi W

Pusing adalah rasa sensasi melayang atau gangguan keseimbangan. Keadaan pusing dapat terjadi akibat beberapa hal termasuk pada tensi rendah (tekanan darah rendah), kelainan metabolik, anemia, kelainan pada otak, telinga termasuk pada vertigo. 

Kondisi tidur dapat menyebabkan tekanan darah lebih rendah sehingga saat bangun tidur maka dapat terjadi pusing. Jika terjadi tekanan darah rendah disarankan anda perbanyak minum dan makanan bergizi, melakukan aktifitas olahraga. Jika pusing disertai kondisi pingsan, nyeri dada dan sesak nafas mungkin anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab tekanan darah. 

Sementara vertigo juga merupakan gangguan pusing melayang disertai rasa berputar, mual dan muntah. Vertigo sering terjadi saat perubahan posisi dari tidur ke duduk atau berdiri.

Vertigo dapat dihilangkan dengan melakukan pola hidup sehat, hindari stress, hindari alkohol, perbanyak olahraga serta konsumsi obat obatan dengan anjuran dokter.

Jika vertigo terjadi terlalu sering hingga menggangu aktivitas disertai gangguan penglihatan, kelemahan anggota gerak, kejang dan nyeri kepala, segera konsultasi dengan dokter Spesialis Saraf (Sp.S).

 

Salam sehat

dr. Zulham Effendy

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Segera berkonsultasi ke dokter, untuk memutuskan cara mengobati telinga berdengung akibat neuroma akustik, yang paling sesuai.

Cara Mengobati Telinga Berdengung Akibat Tumor Jinak Neuroma Akustik

Neuroma Akustik adalah tumor jinak yang kerap menyebabkan telinga berdengung. Cara mengobati telinga berdengung salah satunya dengan cara terapi radiasi.