Kenapa pusing dan sakit perut ketika banyak pikiran?

DN Info Penanya: DN, Wanita, 19 Tahun
Dok kenapa ya saya selalu pusing dan sakit perut saat banyak pikiran
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang DN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Gangguan Psikosomatis merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang erat kaitannya dengan pola pikir seseorang. Namanya saja Psikosomatis yang terdiri kata "psyche" (pikiran) dan "soma" (tubuh). Gangguan psikosomatis yang dipicu stress berdampak pada nyeri tertentu pada tubuh.

Pikiran dapat mempengaruhi penyakit, contohnya ketikan banyak pikiran seperti cemas atau takut, bisa memunculkan tanda-tanda seperti denyut jantung menjadi cepat, jantung berdebar-debar, mual, gemetaran, berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepasa, sakit perut, nafas cepat, nyeri otot dan nyeri punggung.

Cara mengatasinya dengan cara psikoterapi (terapi kognitif perilaku), latihan relaksasi atau meditasi, teknik pengalihan, akupuntur, hipnoterapi, fisioterapi, obat-obatan (seperti antidepresan atau obat penghilang rasa sakit untuk meredakan sakit). Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut ke dokter jika ada keluhan lainnya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Histeria merupakan gejala psikosomatis yang akhirnya memunculkan gejala fisik seperti mudah marah

Mengenal Histeria dan Kaitannya dengan Mass Hysteria

Histeria dulu adalah gangguan mental yang berdiri secara sendiri. Namun, sekarang ini, histeria adalah salah satu gejala yang ditimbulkan oleh gangguan mental lainnya. Histeria bisa dialami oleh banyak orang dalam waktu dan tempat yang sama dan dikenal sebagai fenomena mass hysteria.