Pusing dan sakit kepala bagian belakang hingga leher

T Info Penanya: T, Wanita, 20 Tahun
Siang Dok, saya Antonius umur 20 tahun. Saya sering sekali mengalami pening dan pusing di kepala bagian belakang yang terasa berat dan kaku hingga leher dok. Kira-kira saya sakit apa ya? Saya biasanya minum paramex selama beberapa bulan ini. Apakah ada obat lain yang lebih ampuh untuk keluhan saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sakit kepala adalah keadaaan nyeri yang dirasakan pada sebagian atau seluruh bagian kepala. Dapat terjadi tiba-tiba atau berkembang secara bertahap. Lama nyerinya pun dapat beragam pada setiap individu dan dipengaruhi oleh faktor yang menyebabkannya.

Sakit kepala terbagi menjadi dua golongan berdasarkan penyebabnya, yakni sakit kepala primer yang disebabkan oleh aktivitas berlebih atau masalah struktur sensitif kepala, serta sakit kepala sekunder yang terjadi karena kondisi medis yang mendasari seperti penyakit sinusitis akut, gampalan darah di dalama otak, tumor otak, gegar otak, keracunan karbon monoksida, masalah gigi, infeksi teling, tekanan darah tinggi, influenza, dehidrasi dan kondisi lainnya.

Pada dasarnya sakit kepala yang dialami berasal dari interaksi sinyal di otak, pembuluh darah, dan saraf otak.

Sedangkan penyebab umum dari sakit kepala adalah :
  • kondisi medis lain, riwayat cedera kepala
  • stres dan depresi
  • lingkungan
  • faktor genetika
  • terlalu banyak aktifitas fisik 

Mengenai keluhan sakit kepala Anda, yang dirasakan di daerah kepala belakang dapat merupakan salah satu bentuk sakit kelapa primer yang berjenis migrain.

Sedangkan beberapa jenis sakit kepala primer lainnya adalah, sakit kepala cluster, sakit kepala tegang, dan trigeminal autonomic cephalgia (TAC).

Berikut beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi keluhan sakit kepala Anda :
  • menggunakan bantal panas atau dingin ke kepala selam 5-10 menit
  • menjalani metode akupuntur
  • mengikuti perosedur biofeedback

dan mengenai jeni sobat yang Anda konsumsi sebaiknya tidak terus menerus dikonsumsi karena hanya dapat mengurangi gejala. Saabiknya mencari solusi untuk mengobati akar penyebab dari keadaan nyeri kepala dengan berkonsultasi dengan dokter Spesialis Saraf.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit kepala sebelah kanan biasanya berupa migrain atau sakit kepala cluster

3 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan yang Biasa Terjadi

Penyebab sakit kepala sebelah kanan biasanya berupa migrain atau sakit kepala cluster, namun dalam kasus yang lebih serius bisa berupa trauma, aneurism, tumor, dan kanker.