Apa penyebab pusing dan pandangan terasa gelap?

JR Info Penanya: JR
Dok saya selalu merasa pandangan saya buram,kepala saya pusing,meskipun mata saya terbuka tapi pandangan saya gelap rasanya seakan hilang perlahan dari penglihatan.Saya sudah merasaknnya hampir 2 thn belakangan ini. Kira2 kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JR,

Keluhan yang dialami yaitu pusing dan pandangan yang gelap adalah kondisi yang bisa timbul karena beragam hal seperti kebiasaan sehari-hari mulai dari pola makan, pola istirahat, ataupun karena gangguan kesehatan lain seperti gangguan pencernaan, gangguan pandangan, anemia atau kurang darah, kurang cairan atau dehidrasi, tekanan darah rendah dan lainnya.

Untuk mengatasi keluhan yang timbul bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Perbaiki pola hidup dengan makan teratur dan tidak melewatkan sarapan
  • Istirahat dan tidur dengan cukup baik secara kualitas dan kuantitas
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan terutama tanda vital, mata dan pencernaan. Bisa juga dilakukan pemeriksaan tambahan seperti lab darah untuk menilai ada tidaknya faktor lain yang memicu
  • Minum air putih lebih dari 2 liter perhari
  • Olahraga rutin setidaknya 30 menit setiap harinya

Jika memiliki riwayat kesehatan lain seperti misalnya tekanan darah tinggi, diabetes ataupun lainnya maka perlu waspada karena bisa menjadi tanda adanya komplikasi dari penyakit lain yang diderita seperti misalnya glaukoma ataupun retinopati diabetes yang menyerang mata. Periksakan segera pada dokter agar dipastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusing dan mual bisa jadi gejala diabetes

Kenali Penyebab Pusing dan Mual yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Pusing dan mual yang Anda alami tidak boleh disepelekan begitu saja. Gejala tersebut bisa saja disebabkan oleh infeksi saluran cerna, hingga tanda kehamilan.