Pusing dan keputihan

IP Info Penanya: IP, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya,saya sering pusing,dan pusing nya tidak seperti biasanya,dan ini pusing bangettt,,smpe terkadang saya GX bisa nahan rasa sakit di kepala,rasanya klo GX bisa nahan Kya mau pingsan,dan ini awalnya pusing ,trz hilang ,awal pusing banget itu mulai dari THN 2016 klo GX salah,nah pusing lagi ini di tahun ini 2019 dan ini udh hampir 2 bulan ,tiap harinya sllu pusing...dari depan ke belakang gitu rasanya....sblm saya sering pusing berlebihan saya tiap habis haid ,atau sebelum haid itu sering keputihan,,,dan smpe sekarang begitu,udh saya periksa ke puskesmas ,obat habis keputihan lagi...dan keputihan itu kadang wrnya putih,kadang agak kecoklatan,dan sekarang berbau tak sedap,,,apa ini ada hubungannya dengan rasa pusing yg saya alami dok...?apa saya punya penyakit yang serius ya dokMohon penjelasannya....?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, IPD

Keluhan pusing dan keputihan jarang sekali berhubungan. Pusing sebelum dan sesudah haid biasanya terkait dengan hormonal pada siklus menstruasi. Pusing dipengaruhi aliran darah ke otak atau sistem keseimbangan tubuh yang terganggu. Penyebab lainnya seperti kadar gula darah rendah, keletihan, faktor stres dan emosi. Untuk mengurangi gejala, anda perlu pola makan yang teratur, istirahat yang cukup dan mengurangi stres.

Sedangkan keputihan terkait organ kandungan, keputihan yang normal tidak meninggalkan bekas di pakaian dalam. Bila sampai berwarna kecoklatan dan bau tak sedap kemungkinan ada infeksi yang perlu diobati. Sebaiknya jaga terus kebersihan organ intim anda dan pasangan.

Untuk penatalaksanaannya anda perlu konsultasi dengan Dokter Spesialis Syaraf dan Dokter Spesialis Kandungan.

Semoga penjelasan saya membantu

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi iatrogenik adalah salah satu jenis infeksi saluran reproduksi

Tindakan Medis Dokter Malah Bisa Timbulkan Penyakit Ini, Benarkah?

Penyakit iatrogenik adalah infeksi saluran reproduksi akibat aktivitas yang dilakukan oleh petugas kesehatan terhadap pasien di rumah sakit. Kondisi ini pun bisa terjadi akibat komplikasi penyakit yang sudah ada.